Diunduh 50 Juta Pengguna, Threads Justru Kena Isu Keamanan Data Privasi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diunduh 50 Juta Pengguna, Threads Justru Kena Isu Keamanan Data Privasi

Jumat, 14 Juli 2023 | Juli 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-14T07:50:29Z

Threads adalah aplikasi terpanas dan terviral pekan ini. Aplikasi buatan meta ini berhasil mencuri perhatian banyak warganet hingga mereka berbondong-bondong langsung menginstal media sosial ini.

Selain karena fiturnya yang sekilas mirip Twitter, Threads juga ramai dibicarakan karena keamanan data pengguna yang diragukan. Menurut data di Play Store, ada lebih dari 50 juta pengguna yang sudah memakai aplikasi ini dan lebih dari 132 ribu orang membuat ulasan tentang Threads.

Sehingga banyaknya pengguna yang telah mendaftar aplikasi ini membuatnya memiliki banyak data pribadi. Tentu hal ini akan membahayakan bila data ini bocor dan digunakan untuk hal yang tidak semestinya.  

Di sisi lain, mengutip Instagram @habiskerjacom, isu keamanan data pengguna ini membuat Threads ditunda peluncurannya di Uni Eropa. Karena wilayah ini dikenal memiliki peraturan yang ketat akan data pribadi.

Data pribadi yang bisa dikumpulkan melalui Threads ini diantaranya: health & fitness, financial info, contact info, user content, browsing history, usage data, diagnostics, purchases, location, contacts, search history, identifiers, sensitive info, dan data lainnya.

Namun sebenarnya, Threads bukanlah satu-satunya yang mengumpulkan data pribadi penggunanya. Karena media sosial hakikatnya memang mengumpulkan data pengguna. Seperti misalnya Twitter yang mengumpulkan data purchases, contact info, user content browsing history, usage data, location, contacts, search history, identifiers, dan diagnostics.

Selain masalah keamanan, Threads juga menuai pro dan kontra dari segi UIUX-nya. Sebagai tambahan informasi, UIUX adalah hal yang berkaitan dengan desain antar muka dan kenyaman pengguna saat menggunakan aplikasi.

Hal ini meliputi, tidak adanya fitur bookmark, banyaknya non mutual yang masuk ke beranda sehingga ada sebagian pengguna yang merasa pusing dan tidak nyaman, lalu akun yang tidak bisa dihapus melainkan hanya bisa di-deactive saja.

Masalah ini pun menimbulkan berbagai tanggapan dari warganet.

 “Sisi keamanannya sama seperti IG juga gk ada privasi lagi,” komen warganet.

“Yang download cuma demi liat update bias angkat tangan,” pinta warganet lain.

“Kagak berani dah gue,” timpal yang lain.

“Orang-orang pada FOMO,” imbuh yang lain.

“Bukannya itu opsional ya? Nggak langsung otomatis nyala setauku. Dan aplikasi nggak bisa semena-mena akses data pengguna,” tulis yang lain.

Sumber: suara
Foto: Threads (playstore.com)
×
Berita Terbaru Update
close