Gibran Ungkap Ada Sejumlah Partai Akan Gabung Koalisi, Maksudnya PKB dan NasDem? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gibran Ungkap Ada Sejumlah Partai Akan Gabung Koalisi, Maksudnya PKB dan NasDem?

Jumat, 22 Maret 2024 | Maret 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-22T02:34:09Z

Beredar kabar, akan ada sejumlah partai politik yang akan merapat ke dalam barisan koalisi usai KPU menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disebut sebagai salah satu partai yang akan bergabung. Dugaan ini mencuat usai dua menterinya, Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini.

Meski tidak menjawab secara gamblang namun cawapres terpilih Gibran, tidak menampik soal kemungkinan partai besutan rivalnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu akan bergabung ke barisan pendukung. "Ya, mengarah ke sana," ucap Gibran di Solo, dikutip Inilahjateng, Kamis (21/3/2024).

Gibran menyebut ada lebih dari satu partai yang akan bergabung ke pemerintahan. Hanya saja ia enggan membocorkan partai-partai yang akan bergabung. "Lebih dari satu partai akan bergabung. Wes, tak bocori kui. (Siapa saja mas?) Nanti ya. (yang lobi mas?) Nanti aja ya," ungkap putra sulung Presiden Jokowi ini.

Namun demikian, kuat dugaan partai lainnya yang akan bergabung adalah NasDem. Gibran pun  
tidak menutup kemungkinan apabila ke depan Partai NasDem diajak bergabung dalam pemerintahan.

Kendati demikian terkait hal itu, pihaknya akan melakukan pembicaraan terlebih dahulu dengan pasangannya. "Ya nanti dibicarakan. (Dengan partai lain) Nanti akan kami bicarakan," tutur dia singkat.

Diketahui, KPU resmi menetapkan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024. Hal itu ditetapkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari melalui berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024, yang dibacakan saat rapat pleno terbuka penetapan hasil pemilu tahun 2024 secara nasional, di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Menanggapi hasil ini, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan menerima apa yang sudah ditetapkan oleh lembaga yang dipimpin Hasyim Asy'ari itu. "Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," kata Surya Paloh, Rabu (20/3/2024) malam di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Surya Paloh mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Tak hanya itu, NasDem juga mengucapkan selamat kepada seluruh parpol. "NasDem juga ucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Partai NasDem ucapkan selamat kepada seluruh parpol peserta pemilu beserta ketiga paslon yang ikuti Pilpres 2024," ucap dia.

Sumber: inilah
Foto: Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Inilahjateng/DSV).
×
Berita Terbaru Update
close