Protes Upah Murah 2022, 3 Hal Ini Picu Demo Buruh Hingga Mogok Nasional 6-8 Desember! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Protes Upah Murah 2022, 3 Hal Ini Picu Demo Buruh Hingga Mogok Nasional 6-8 Desember!

Rabu, 17 November 2021 | November 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T01:00:53Z

wanheartnews.com

WANHEARTNEWS.COM - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) protes mengenai penetapan upah least 2022. Mereka berencana melakukan aksi demo hingga mogok kerja nasional pada Desember mendatang. 

detikcom merangkum beberapa informasi seputar pernyataan buruh, yakni sebagai berikut: 

1. Tolak Upah Naik 1,09% 

Presiden KSPI Said Iqbal menjelaskan pihaknya menolak upah least rata-rata hanya naik 1,09% di 2022. Hal itu jauh dari angka kenaikan upah least yang diusulkan oleh KSPI di angka 7% sampai 10%. 

"KSPI menolak dengan tegas dan keras kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Ketenagakerjaan, terkait dengan kenaikan upah least yang kalau dilihat rata-rata kenaikan upah least untuk tahun 2022 baik UMP di tingkat provinsi maupun UMK, nampaknya nanti UMK di tingkat kabupaten/kota hanya 1,09%," katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/11/2021). 

Menurutnya pemerintah lebih berpihak kepada pengusaha dalam menetapkan upah least 2022 ketimbang buruh. Dalam hal ini pemerintah dituding ingin mengembalikan rezim upah murah. 

"Dengan melihat perkembangan sikap pemerintah dalam hal ini Menteri Ketenagakerjaan yang lebih memberikan proteksi kepada kalangan pengusaha atau pemilik modular, dibandingkan memberikan juga perlindungan kepada kaum pekerja atau buruh atau pegawai atau karyawan yang mengembalikan rezim upah murah jauh lebih buruk dari zaman Soeharto di Era Orde Baru," lanjut Said. 

2. Khawatir Upah Malah Turun 

KSPI khawatir upah least 2022 bukannya naik malah turun. Sebab, pemerintah menetapkan batas atas dan batas bawah upah least. Skema tersebut untuk pertama kalinya berlaku di tahun depan. Sebab, batas bawah upah least ini nilainya lebih rendah dari upah least yang berlaku saat ini. 

Batas atas dan batas bawah upah least sendiri dapat dilihat di sistem informasi mengenai pengupahan yang dibuat oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), melalui laman https://wagepedia.kemnaker.go.id/. 

Said mengambil contoh upah least di Kota Depok, di mana batas atasnya adalah Rp 5.762.352 dan batas bawahnya Rp 2.881.176. Di kalkulator Kemnaker disebutkan juga upah least 2022 Kota Depok sebesar Rp 4.377.231. 

"Kalau saya pengusaha, sekarang upah least Depok Rp 4,3 juta, batas atasnya Rp 5,7 juta, batas bawahnya Rp 2,8 juta, boleh nggak saya turunkan upah least menjadi Rp 2,8 juta secara hukum? boleh. Kok begitu bodohnya kita dibodoh-bodohi oleh menteri," jelasnya. 

3. Bakal Mogok 3 Hari 

KSPI dan berbagai federasi buruh mogok kerja selama 3 hari yang rencananya 6-8 Desember 2021. Said menjelaskan mogok nasional akan diikuti oleh 2 juta buruh di ratusan ribu pabrik di 30 lebih provinsi dan ratusan kabupaten kota. 

Aksi mogok nasional akan didahului mulai besok dengan dilakukan aksi unjuk rasa di daerah. Buruh di daerah akan demo ke kantor gubernur, kantor bupati/walikota, kantor DPRD kabupaten/kota maupun DPRD provinsi. 

Kedua, 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional dan 6 konfederasi dan aliansi konfederasi akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Negara, di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, dan gedung DPR RI. 

"Yang ketiga dari informasi yang kami terima, seluruh daerah meminta agar diizinkan mogok daerah/modar. Jadi mereka akan menghentikan produksi, melumpuhkan expositions produksi di daerahnya masing-masing secara bergelombang, misal di Cianjur, di Sukabumi, di Bogor, di Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, terus bergelombang, mereka mengistilahkan mogok daerah atau modar," tambah Said. 

detik/

×
Berita Terbaru Update
close