Diguncang Gempa M 7,4 NTT, Warga Sulsel Lapor Air Laut Surut -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diguncang Gempa M 7,4 NTT, Warga Sulsel Lapor Air Laut Surut

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T04:26:30Z

Wannheart News

WANHEARTNEWS.COM - BMKG mengeluarkan peringatan dini tidal wave di sejumlah wilayah termasuk Kepulauan Takabonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akibat gempa magnitudo (M) 7,4 di NTT. Warga Kepulauan Takabonerate menyebut air laut telah surut.

"Metti (air laut surut), dimanaki ini mau lari kodong (kita mau lari ke mana lagi)" ujar Sita, warga Pulau Rajuni, Kepulauan Takabonerate, Selayar pada pukul 11.36 Wita, Selasa (14/12/2021).

Sita mengungkapkan, sebelumnya gempa sempat terasa cukup kuat di Pulau Rajuni. Hal ini membuat warga panik dan berlarian keluar rumah.

"Keluar semua maki dari rumah ini (kami sudah lari keluar rumah semua)" ucapnya.

Sementara itu, warga di pulau lainnya di wilayah Kepulauan Takabonerate, yakni Pulau Jinato juga melaporkan air laut di wilayahnya surut.

Sebelumnya diberitakan, BMKG mengeluarkan peringatan dini tidal wave di sejumlah daerah di Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Barat (NTT-NTB). BMKG meminta pemerintah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Maluku, NTT dan NTB, dengan status 'waspada' tidal wave mengarahkan masyarakat agar menjauhi pantai.

"Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status 'Waspada' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," tulis BMKG dalam situs resminya, Selasa (14/12).

Sementara untuk pemerintah daerah dengan status 'siaga' tidal wave diminta mengarahkan masyarakat untuk mengevakuasi diri. Masyarakat harus mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

"Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status 'Siaga' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi," sebut BMKG.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close