Dokumen Pembuatan KTP Jadi Bungkus Gorengan, Susi Bingung Harus Protes Kemana -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dokumen Pembuatan KTP Jadi Bungkus Gorengan, Susi Bingung Harus Protes Kemana

Rabu, 29 Desember 2021 | Desember 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-29T09:10:57Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Sebuah dokumen pembuatan KTP Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan, mantan Menteri KKP Binggung harus protes kemana.

Dokumen berfoto mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti menjadi viral karena dijadikan bungkus gorengan.

Dokumen tersebut menampilkan permohonan pembuatan KTP Susi Pudjiastuti di Kantor Kecamatan Pangandaran.

Sementara itu pihak Susi Puji Astuti mengaku, sampai saat ini ia tidak tahu harus merespons seperti apa dan juga bingung protes kemana terkait dengan masalah tersebarnya dokumen pribadinya

Hingga Senin (27/12/2021), unggahan di Twitter tersebut sudah mendapat 11.200 suka dengan 1.827 retweet dan 421 tweet kutipan.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengatakan seluruh pihak mempunyai kewajiban untuk menjaga kerahasian information pribadi yang penting seperti information kependudukan.

Menurutnya, baik pemerintah atau instansi maupun masyarakat saat memanfaatkan dan menggandakan dokumen berisi identitas diri harus senatiasa waspada dan berhati-hati.

"Bila lalai, information tersebut betpotensi di salahgunakan oleh pihak tertentu, sehingga bisa menimbulkan kerugian pada pemilik information, ujar Guspardi, Rabu (29/12/2021).

Peristiwa semacan ini akan terus terjadi secara berulang jika dalam setiap urusan administrasi dengan pemerintah dan berbagai sektor lainnya di ruang publik masih meminta salinan information kependudukan.

"Ini juga pertanda bahwa pemerintah harus segera beralih dari information fisik menjadi information computerized. Metoda permintaan salinan atau foto duplicate information penduduk dalam berbagi urusan di ranah publik mesti diganti dengan metode computerized," ujar politisi PAN ini.

Administrator asal Sumatera Barat ini menambahkan, kejadian information penduduk yang di temukan dijadikan bungkus makanan sudah sering terjadi.

Harus dilakukan investigasi apakah kejadian ini di sebabkan oleh kelalaian dari Dukcapilatau pihak lain.

Prosedur ( SOP) dalam menangani information - information kependudukan yang tidak diperlukan lagi.

Hal ini di lakukan agar information yang sudah tidak diperlukan tidak jatuh kepada pihak lain yang dapat disalahgunakan.

Selain itu, diharapkan kepada masyarakat agar segera memusnahkan salinan information yang memuat nomor induk kependudukan, kartu keluarga dan berbagai dokumen penting lainnya.

Jangan abai terhadap salinan information penting itu.

Information penting masyarakat agar dapat dijaga dengan baik guna menghindari jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dizaman serba online ini bisa-bisa salinan information penting kita di manfaatkan orang untuk melakukan tindak penipuan atau dipakai untuk pinjaman on the web (pinjol) dan lain sebagainya, pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa segala jenis dokumen yang didalamnya tertera NIK dan nomor KK seharusnya disimpan dengan rapi dan baik karena sudah menjadi tanggung jawab warga yang menerima.

Ia juga menambahkan apabila sudah tidak dipakai alangkah baiknya dimusnahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dilain pihak, Susi Puji Astuti mengaku, sampai saat ini ia tidak tahu harus merespons seperti apa dan juga bingung protes kemana terkait dengan masalah tersebarnya dokumen pribadinya.

Gelora

×
Berita Terbaru Update
close