Heboh Ustaz Khalid Basalamah Ditolak Ceramah di Palu, Ini Kata Polisi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Heboh Ustaz Khalid Basalamah Ditolak Ceramah di Palu, Ini Kata Polisi

Rabu, 19 Januari 2022 | Januari 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-19T01:59:49Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Ustaz Khalid Basalamah dikabarkan ditolak berceramah di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ustaz Khalid Basalamah ditolak oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Kabar ini bermula dari sejumlah postingan viral yang menunjukkan surat penolakan. Surat penolakan tersebut dari Himpunan Pemuda Alkhairaat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, GP Ansor, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Asybaalul Khairaat, serta Majelis Syahamah.

Masih dalam surat viral tersebut juga tertulis alasan-alasan penolakan, salah satunya karena Ustaz Khalid Basalamah dituding sebagai dai Wahabi di Indonesia.

Relawan Sahabat Khalid Basalamah (KHB) Indonesia, Daeng Sangkuruwira, buka suara terkait permasalahan ini. Ia menjelaskan duduk perkara penolakan terhadap Ustaz Khalid.

"Kronologinya adalah waktu itu teman-teman dari Palu menanyakan ke saya bagaimana mengundang Ustaz Khalid datang ke Palu," customized organization Sangkuruwira saat dihubungi detikcom, Senin (17/1/2022).

Sangkuruwira mengaku menanggapi pertanyaan itu dengan menyarankan pihak pengundang agar sebaiknya undangan itu datang dari pihak Pemerintah Kota Palu.

"Jadi teman-teman ini kalau nggak salah dari Lentera Islam yang berniat mengundang. Mereka (akhirnya) melakukan audiens dengan Wali Kota Palu," katanya.

Oleh karena itu, pihak pengundang disebut mendapat tanggapan positif dari Wali Kota Palu sehingga membuat postingan tentang rencana kedatangan Ustaz Khalid ke Kota Palu.

"Kegembiraan mereka barangkali mereka posting di socmed bahwa insyaallah Wali Kota Palu mau dan bersedia mengundang Ustaz Khalid ke Kota Palu," katanya.

"Nah inilah yang ditanggapi oleh Ormas-ormas yang tidak senang dengan kami," sambung Sangkuruwira.

Dia kemudian membantah sejumlah tudingan terhadap Ustaz Khalid Basalamah. Dia menegaskan seluruh konten ceramah Ustaz Khalid ada di media sosial.

Penjelasan Polisi

Polisi mengaku belum mendapatkan pemberitahuan apa quip, termasuk pengajuan izin kegiatan tentang tablig akbar Ustaz Khalid Basalamah.

"Jadi begini, untuk sampai saat ini kami belum mendapatkan pemberitahuan apa quip tentang rencana kegiatan tablig akbar di Kota Palu," Kata Kapolres Palu AKBP Bayu Indra Wiguno.

Namun Bayu mengaku pihaknya bisa mengundang pihak-pihak terkait untuk mencari solusi bersama. Bayu tak menampik star dan kontra yang muncul soal rencana tablig akbar Ustaz Khalid Basalamah tersebut. Polisi quip tak akan memberi izin jika masih ada expert dan kontra terkait rencana acara tersebut.

"Jika terjadi perselisihan star dan kontra dalam suatu kegiatan, tentunya kita tidak akan mengeluarkan izin sampai tidak ada permasalahan di masyarakat," ucapnya.

"Namun dengan adanya informasi atau terjadinya perselisihan star dan kontra, kami akan mengundang kedua belah pihak untuk hal tersebut bisa dikomunikasikan," imbuh Bayu.

Pihak kepolisian menyerahkan penyelesaian kepada pihak yang star dan kontra terhadap rencana tablig akbar yang diisi Ustaz Khalid Basalamah.

"Apabila mencapai kesepakatan, atau mungkin tidak jadi dilaksanakan itu semuanya berpulang ke antara dua pihak yang berselisih," sambung Bayu.

Bayu juga membeberkan bahwa penolakan terjadi berawal saat beberapa pemuka agama mengetahui panitia penyelenggara meminta persetujuan terlebih dahulu kepada Wali Kota Palu sehingga akhirnya terjadi supportive of kontra.

"Tapi informasi yang kami dapatkan, sempat terjadi pertemuan di antara mereka atau kedua pihak yang star dan kontra dan sepakat untuk menunda kegiatan tersebut," tuturnya.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close