Innalillahi Ngeri! Ini Detik-Detik Video Truk Kontainer Rem Blong di Balikpapan, Berikut Antisipasi Sopir Jika Rem Blong -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Innalillahi Ngeri! Ini Detik-Detik Video Truk Kontainer Rem Blong di Balikpapan, Berikut Antisipasi Sopir Jika Rem Blong

Sabtu, 22 Januari 2022 | Januari 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-22T01:14:02Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Kecelakaan maut yang melibatkan truk kontainer dengan puluhan kendaraan terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pagi.

Dugaan sementara truk kontainer tersebut mengalami rem blong, sehingga menghantam mobil dan engine di depannya yang sedang berhenti di lampu merah.

Melihat kejadian nahas tersebut, Aan Gandhi selaku Traning Director Global Defensive Driving Consulting (GDDC), memberikan langkah antisipasi untuk mencegah truk mengalami rem blong.

"Pastikan kendaraan dicek kesehatannya sebelum berjalan, lakukan dengan pre-trip assessment structure yang mungkin disediakan perusahaan," customized organization Aan kepada GridOto.com, Jumat (21/1/2022).

Aan menjelaskan, pengemudi dapat mencermati setiap anomali yang ada pada kendaraan dan segera laporkan.

Sebelum melakukan perjalanan biasakan untuk memastikan kembali kondisi rem, dengan cara menjalankan kendaraan sedikit saja.

"Dari sini akan terlihat ada indikasi yang salah atau tidak," imbuhnya.

Lebih lanjut Aan menjelaskan, ketika melewati jalan yang menurun pastikan truk dalam posisi exhaust brake, dengan cara memindahkan ke gigi yang lebih rendah.

"Cara ini dapat dilakukan sejak awal melewati turunan, tujuannya menjaga force atau kecepatan kendaraan dari atas agar tidak melaju terlalu kencang," terangnya.

Jika tiba-tiba rem mengalami eror, coba pompa pedal rem dengan cara menginjaknya berulang kali.

Seketika mata bisa mencari ruang terbuka untuk arah evakuasi kendaraan dengan tingkat fatalitas withering minim, dan pahami bahaya di jalan

"Menjaga agar tidak panik saat terjadi insiden bisa ditingkatkan keahliannya melalui tahapan pelatihan," sebut Aan lagi.

"Jadi memang tidak boleh pasrah saja karena pengemudi harus menyadari bahaya dan risiko selama mengemudi," pungkasnya.

Berikut video detik-detik kecelakaan deadly di Simpang Muara Rapak, Balikpapan pagi tadi..

msn/grid

×
Berita Terbaru Update
close