Pemerintah Akan Bagikan Set Top Box Gratis, Catat! Ini Tanggal dan Saratnya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Akan Bagikan Set Top Box Gratis, Catat! Ini Tanggal dan Saratnya

Sabtu, 29 Januari 2022 | Januari 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-29T01:20:32Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Set top box TV advanced free akan dibagikan mulai tanggal 15 Maret 2022. Namun perlu diingat, ada persyaratan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan ini.

Perangkat bantuan tersebut untuk mendukung masyarakat menikmati siaran TV Digital, di mana pemerintah akan melakukan migrasi TV simple ke advanced atau Analog Switch Off (ASO) mulai 30 April 2022.

Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan, pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux) rencana melakukan distribusi set top box free untuk ASO Tahap 1 ini pada 15 Maret-30 April 2022.

Set top box TV advanced free itu diperuntukkan rumah tangga miskin. Setidaknya, Kominfo memetakan sebanyak 6,7 juta unit STB akan dibagikan di seluruh Indonesia.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, jumlah rumah tangga miskin di tanah air itu mencapai 7,9 juta. Namun yang terdampak penghentian siaran TV simple itu 6,7 juta rumah tangga.

Inilah syarat mendapatkan set top box TV advanced free:

Rumah tangga miskin dengan TV analog

Nah, syarat pertama yang menerima bantuan ini adalah rumah tangga miskin yang sudah punya TV simple di rumahnya. Agar nantinya usai digitalisasi penyiaran, mereka bisa merasakan pengalaman siaran TV digital.

Lolos proses validasi dan verifikasi

Petugas yang melakukan distribusi kemudian validasi serta verifikasi penerima bantuan sesuai information pemerintah. Expositions itu dicocokkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Petugas melakukan distribusi dan validasi. Kenapa distribusi dulu? karena kalau distribusi dulu itu cost-nya dua kali. Jadi, cek dulu dari information DTKS, apakah benar, punya TV atau tidak," ujar Ismail.

Bila tidak sesuai dengan kriteria penerima bantuan, maka set top box free tersebut dikembalikan ke gudang.

Namun jika sesuai kriteria, maka petugas melakukan serah terima bantuan set top box free TV advanced, serta dilakukan instalasi perangkat tersebut ke TV simple penerima manfaat sampai berfungsi dengan baik.

"Setiap set top box ketika dihubungkan pertama kali ke pesawat televisi, itu akan keluar QR Code. Ini cara validasi untuk meyakinkan agar bantuan tersebut diterima oleh orang yang tepat," tutur Ismail.

Ini jadwal suntik mati TV simple wilayah Indonesia:

Tahap 1

30 April 2022 di 56 Wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota

Tahap 2

31 Agustus 2022 di 31 Wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota

Tahap 3

2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota

detik/

×
Berita Terbaru Update
close