Cak Imin Terancam Dikudeta dari PKB Buntut Absen di Pengukuhan PBNU -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cak Imin Terancam Dikudeta dari PKB Buntut Absen di Pengukuhan PBNU

Kamis, 03 Februari 2022 | Februari 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-03T03:47:22Z

WANHEARTNEWS.COM - Posisi Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terancam dikudeta. Menyusul putusannya tidak hadir di acara pengukuhan PBNU masa khidmat 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin kemarin (31/1).

Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, jika tidak hati-hati, posisi Cak Imin semakin terancam dari PKB. Sebab, sebagian besar pemilih dan kepengurusan PKB dari tingkat pusat dan daerah berasal dari NU.

"Sehingga dengan sangat mudah kalau ada keinginan untuk melakukan kudeta terhadap posisi Cak Imin saat ini," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (3/2).

Selain itu, lanjut Saiful, jika melihat sejarah di PKB sendiri, terdapat faksi-faksi yang tidak mungkin dihindari.

"Contoh misalnya, kekuatan atau gerbong Gus Dur yang hingga sampai saat ini masih terpental dari PKB. Saya kira kalau kekuatan tersebut kembali bermunculan, maka bisa jadi kekuatan itu yang dapat diakselerasikan untuk mendongkel posisi Cak Imin dari PKB," papar Saiful.

Untuk itu, Saiful menyarankan agar Cak Imin harus sadar bahwa posisinya saat ini sangat rentan.

"Selain itu luka lama bisa jadi kembali bersemi, di mana ada sebagian orang yang memang tidak mengharapkan adanya kepemimpinan Cak Imin dalam PKB," pungkas Saiful.[rmol]
×
Berita Terbaru Update
close