NGERI! Rusia Kepung Ukraina Dari 3 Sisi Ini, Perang Makin Sengit -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

NGERI! Rusia Kepung Ukraina Dari 3 Sisi Ini, Perang Makin Sengit

Selasa, 15 Februari 2022 | Februari 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-15T01:18:08Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Beberapa ahli dan pejabat AS memperingatkan bahwa Rusia dapat memerintahkan serangan ke Ukraina kapan saja.

Sayangnya, masalah penting yang menyebabkan otoritas Ukraina "sakit kepala" adalah di mana pasukan Rusia akan menyerang.

Menurut CNN, Rusia kini telah "mengepung" Ukraina di ketiga sisi, Krimea dari selatan, Belarusia dari utara, dan Donetsk dan Luhansk dari timur.

Oleh sebab itu kemungkinan inilah skenario peperangan yang akan dilakukan Rusia jika menyerang Ukraina.

1. Rusia maju dari Timur

Sebagian besar perhatian dunia saat ini terfokus pada Donetsk dan Luhansk, di mana separatis supportive of Rusia telah bertahan melawan tentara Ukraina sejak 2014.

Sebagian besar analis mengatakan bahwa jika menyerang Ukraina, pintu dari Donetsk dan Luhansk adalah yang terluas untuk Rusia.

Sejak 2014, Rusia telah membantu pasukan separatis di dua provinsi timur Ukraina memperkuat kekuatan militer mereka.

"Formasi ofensif Rusia terkuat dengan ratusan tank terkonsentrasi di daerah perbatasan yang berbatasan dengan Donetsk dan Luhansk," customized organization Phillip Karber, seorang ahli di Organisasi Potomac (AS), yang telah menghabiskan bertahun-tahun di lapangan.

"Ini adalah lokasi yang ideal bagi tentara Rusia untuk melakukan serangan cepat di sepanjang rute Khursk-Kiev dengan hampir tidak ada hambatan berarti," customized organization Phillip Karber.

2. Serangan dari Belarusia

Belarus, sekutu yang memiliki hubungan dekat dengan Rusia juga dapat memberi Moskow rute yang tidak menguntungkan ke Kiev, menurut CNN.

Pada 10 Februari, Rusia dan Belarusia mengadakan latihan militer bersama selama 10 hari.

Waktu dan skala latihan menjadi perhatian Amerika Serikat dan Barat.

Latihan bersama antara Rusia dan Belarusia dikatakan sebagai yang terbesar sejak Perang Dingin dengan sekitar 30.000 tentara ambil bagian.

Senjata berat seperti Su-35, rudal Iskander, sistem pertahanan S-400 juga ikut serta dalam latihan ini.

Menurut Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), latihan Rusia-Belarusia merupakan "keprihatinan besar" bagi Barat di tengah meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina.

Latihan bersama itu juga bisa menjadi kedok bagi pasukan Rusia yang secara mengejutkan membanjiri Ukraina dari Belarus.

Namun, jika Anda memilih Belarus sebagai titik konsentrasi untuk memasuki Ukraina, Rusia mungkin menghadapi banyak kerugian.

Sebelum mendarat di Ukraina dari Belarus, tentara dan tank Rusia terpaksa melewati rawa Pinsk, salah satu lahan basah terbesar di Eropa dengan luas lebih dari 250.000 kilometer persegi.

Dengan medan yang berlumpur, rumit, pepohonan yang rimbun, Pinsk pernah mencegah kemajuan Nazi ke Uni Soviet pada tahun 1941.

Menurut banyak ahli, memilih untuk menyerang Ukraina dari Belarus hanya memperlambat kemajuan Rusia.

3. Arah serangan dari Krimea

Krimea, semenanjung Ukraina yang dianeksasi ke Rusia pada tahun 2014, juga merupakan lokasi yang relatif nyaman bagi pasukan Rusia untuk memasuki Ukraina.

Menurut Maxar, Rusia telah mengirim pasukan dan peralatan yang relatif besar ke Krimea.

Pada 10 Februari, Kementerian Pertahanan Rusia juga memposting gambar enam kapal amfibi besar yang berlabuh di pelabuhan Sevastopol, pelabuhan utama di Krimea.

CSIS percaya bahwa, dari Krimea, militer Rusia dapat mengirim kapal perang dan kapal amfibi langsung ke Odessa, kota terpadat ketiga di Ukraina, dan mendudukinya.

"Serangan terhadap Odessa dapat membawa kesuksesan besar, tetapi juga memiliki risiko tinggi. Odessa adalah kota berpenduduk padat dan pertempuran perkotaan dapat membantu militer Ukraina menahan Rusia," customized organization CSIS.

msn/bangka

×
Berita Terbaru Update
close