Bikin Indeks Demokrasi Makin Suram, Pengamat: Ketoprak Humor Cak Imin Berbahaya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bikin Indeks Demokrasi Makin Suram, Pengamat: Ketoprak Humor Cak Imin Berbahaya

Jumat, 25 Februari 2022 | Februari 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-25T04:37:49Z
Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - 
Penundaan Pemilu 2024 yang diusulkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dapat menambah suram indeks demokrasi Indonesia.

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto mengatakan, ide memundurkan pemilu dianggap sudah basi.

"Mungkin saja Cak Imin lagi main 'ketoprak humor'. Ide memundurkan pemilu sudah basi, karena pemerintah dan DPR sudah sepakat menetapkan jadwal Pemilu 2024 sesuai amanat UU," ujar Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/2).

Pemilu, kata Satyo, tetap diselenggarakan pada 2024 sebagaimana UU 7/2017 dan UU 10/2016, sedangkan tahapan Pemilu digelar pada 14 Februari 2024.

Satyo pun meminta kepada para elite partai politik bersikap bijak dalam menyampaikan ide dan gagasan.

"Karena salah satu peran parpol adalah harus ikut mencerdaskan bangsa, dalam hal ini edukasi partisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam politik kekuasaan," kata Satyo.

Ide memundurkan pemilu bukan saja melanggar UU, namun akan memicu fragmentasi di grass root partai politik.

"Yang pada akhirnya akan mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Saat ini ide tersebut sangat berbahaya dan sudah pasti akan menambah suram indeks demokrasi di Indonesia," pungkas Satyo. 

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close