Terboongkar, Epidemiolog Beberkan Biang Kerok RI Kembali 'Diamuk' COVID-19 -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terboongkar, Epidemiolog Beberkan Biang Kerok RI Kembali 'Diamuk' COVID-19

Sabtu, 05 Februari 2022 | Februari 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-05T01:23:20Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Kasus harian COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan akibat varian Omicron. Tercatat ada 32.211 kasus baru COVID-19 pada hari Jumat (4/2/2022), membuat all out kasus aktif saat ini mencapai 140.254.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi, Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI), Masdalina Pane mengatakan varian Omicron di Indonesia menyebar dengan lebih cepat dibandingkan varian Delta tahun lalu. Kasus Omicron saat ini sudah ditemukan di tingkat kabupaten/kota, berbeda dari Delta yang awalnya mendominasi di pusat provinsi.

Kecepatan penyebaran varian Omicron ini disebut Pane karena sistem karantina RI yang sudah rapuh dari awal. Infection masuk dari luar negeri dan dapat menyebar dengan cepat ke daerah-daerah, terutama lewat pekerja migran yang baru kembali.

"Ini karena rapuhnya pusat-pusat karantina kita. Rapuhnya sudah dimulai dari awal," customized organization Pane dalam program e-Life, Jumat (4/2/2022).

"Sudah ada diskresi pengecualian untuk orang terhormat, pungutan liar, pengurangan masa karantina, itu semua berkolaborasi dengan baik membuat peningkatan kasus kita sangat sempurna," lanjutnya.

Sheet mengingatkan COVID-19 Omicron tidak bisa dianggap sepele hanya karena gejalanya 'ringan'. Tantangan sebenarnya bisa jadi dampak potensi kesehatan yang bisa timbul setelah infeksi.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close