Diminta PA 212 Ambil Sikap soal Pernyataan Menag, Begini Respons MUI -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diminta PA 212 Ambil Sikap soal Pernyataan Menag, Begini Respons MUI

Minggu, 06 Maret 2022 | Maret 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-06T01:42:25Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Persaudaraan Alumni (PA) 212 meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengambil sikap terkait polemik pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas. MUI menyampaikan sudah menerima silaturahmi PA 212 terkait hal tersebut.

"MUI telah menerima silaturrahim beberapa tamu yang meminta fatwa beberapa masalah sosial keagamaan yang muncul di tengah masyarakat. Sudah diterima oleh tim kesekjenan MUI," customized organization Sekretaris Fatwa MUI Asrorun Niam Soleh saat dihubungi, Sabtu (5/3/2022).

Asrorun menyampaikan inti persoalan sudah disampaikan kepada MUI. Saat ini, customized organization Asrorun, MUI sedang membahas dan mendiskusikannya lebih lanjut.

"Inti masalah yang disampaikan sudah disampaikan ke kami. Kami akan bahas dan diskusikan. MUI sudah memiliki mekanisme pembahasan fatwa, dengan pedoman yang sudah baku," ujarnya.

Lebih lanjut, Asrorun menyampaikan pejabat publik harus berorientasi pada kemaslahatan orang banyak dalam membuat kebijakan. Untuk itu, dia berharap segala kebijakan yang sudah ditetapkan bisa dikomunikasikan dengan baik kepada publik.

"Pejabat publik punya tanggung jawab untuk mewujudkan kemaslahatan publik. Kebijakannya harus berorientasi pada kemaslahatan, dan dikomunikasikan secara baik kepada publik," ucapnya.

Di sisi lain, menurut Asrorun, publik juga harus memahami kebijakan yang dikeluarkan oleh pejabat publik secara utuh.

"Sementara publik juga harus memahami utuh maksud dan tujuan kebijakan yang diambil oleh ulil amri (pihak yang mengurus kepentingan umat)," imbuhnya.

PA 212 Minta MUI Bersikap

Sebelumnya, PA 212 meminta MUI segera ambil sikap terkait polemik isu keagamaan di tengah masyarakat. Permintaan itu disampaikan saat audiensi di Kantor MUI, Jakarta, Jumat (4/3).

"Kami sampaikan agar MUI bisa merespons cepat kegaduhan serta negara ini sudah darurat penista agama dan apa yang diucapkan Yaqut sudah masuk ke dalam unsur penistaan agama, baik dari bahasa yang kita pahami, dan kami mendesak untuk segera MUI mengambil sikap resmi," customized organization Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin kepada wartawan, Sabtu (5/3).

Novel mengatakan tuntutan ini sudah disampaikan. Selain itu, pihak PA 212 meminta MUI mengambil sikap terkait pernyataan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman tentang 'Tuhan kita bukan orang Arab'.

"Kami meminta segera MUI mengambil sikap jelas dalam kasus Yaqut dan kasus lainnya termasuk kasus Jenderal Dudung," ujarnya.

Novel mengatakan MUI merespons baik tuntutan mereka. Menurut Novel, MUI akan membahas tuntutan mereka ke dalam rapat.

Adapun pihak MUI yang menerima PA 212 adalah Ustaz Arief, KH Jiyad, KH Abdul Manaf, serta Ketua Komisi Hukum dan HAM Prof Diding.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close