Usai Gempa di Nias Selatan, Ahli Geologi: Peringatan Akan Gempa Besar di Mentawai -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usai Gempa di Nias Selatan, Ahli Geologi: Peringatan Akan Gempa Besar di Mentawai

Selasa, 15 Maret 2022 | Maret 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-15T10:31:36Z

WANHEARTNEWS.COM - Ahli Geologi Ade Edward mengatakan gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di 154 km tenggara Kepulauan Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, merupakan peringatan dini akan terjadi megathrust di Mentawai.

"Gempa di Nias Selatan itu adalah ancaman dini terjadinya megathrust di zona Subduksi Mentawai Siberut," katanya, Selasa 15 Maret 2022.

Ia menjelaskan ancaman yang dimaksud, karena gempa tersebut terjadi di zona megathrust. Segmennya itu membentang di antara Kepulauan Batu, Kabupaten Nias Selatan hingga Pulau Pagai Utara.

Lebih lanjut, Ade menuturkan bahwa gempa M 6,7 di Nias Selatan itu adalah yang terkuat sepanjang 30 tahun terakhir.

"Kalau untuk sejarahnya, gempa dengan magnitudo 6,7 itu merupakan yang terkuat selama 30 tahun terakhir. Untung saja pusatnya masih di pinggiran segmen megathrust," tuturnya.

Ade mengingatkan bahwa gempa di zona megathrust Siberut pernah terjadi pada 200 tahun silam, sehingga siklus itu patut diwaspadai.

"Sekarang jika dihitung sudah 225 tahun, dan dari kajian ahlinya memang energinya yang dilepaskan memang dari pinggir zona subduksi dulu, baru setelah itu ke tengah," pungkasnya.

Untuk itu, Ade meminta pemerintah pusat jangan abai terhadap peringatan dini dari gempa di Nias Selatan tersebut. Perlu adanya mitigasi bencana untuk antisipasi dampak di masa depan.

"Kita tidak tahu megathrust ini kapan terjadinya, yang pasti itu kita harus siap siaga," ucapnya.

Sumber: kumparan
×
Berita Terbaru Update
close