Gempa M 6,9 Nias Selatan Dirasakan di Padang hingga Gunungsitoli -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gempa M 6,9 Nias Selatan Dirasakan di Padang hingga Gunungsitoli

Senin, 14 Maret 2022 | Maret 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-14T01:53:33Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Gempa mengguncang wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut), sebanyak dua kali pada pagi ini. Gempa M 6,7 dan disusul M 6,0 dirasakan cukup kuat di wilayah Padang hingga Gunungsitoli.

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI," individualized organization Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya, Senin (14/3/2022).

Skala intensitas IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sementara daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas III MMI.

Skala intensitas III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci,Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dengan skala intensitas II MMI," ujar Bambang.

Skala intensitas II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Gempa Nias Selatan M 6,9 dan disusul M 6,0 tidak menimbulkan tidal wave.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi," imbuhnya.

Gempa berkekuatan magnitudo sebelumnya 6,0 kembali mengguncang Nias Selatan, Sumut. Gempa tak berpotensi tidal wave.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close