NATO Tegaskan Tidak Akan Kirim Pasukan ke Ukraina dan Berlakukan Zona Larangan Terbang -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

NATO Tegaskan Tidak Akan Kirim Pasukan ke Ukraina dan Berlakukan Zona Larangan Terbang

Jumat, 25 Maret 2022 | Maret 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-25T13:25:50Z

WANHEARTNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Sekjen NATO) Jens Stoltenberg menegaskan bahwa blok yang dipimpin Amerika Serikat (AS) itu tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina atau memberlakukan zona larangan terbang di atas negara itu, dengan alasan risiko "perang penuh antara NATO dan Rusia" sebagai alasan untuk menolak permohonan Kiev.

Berbicara kepada pers, Stoltenberg mengemukakan berbagai jenis dukungan yang diterima Ukraina, termasuk dukungan militer, pelatihan, peralatan tempur, dan bahan bakar.

“Dan kombinasi pelatihan dan dukungan dari negara-negara Sekutu NATO dengan keberanian dan keberanian Angkatan Bersenjata Ukraina memungkinkan Ukraina untuk benar-benar melawan dan benar-benar melawan tentara Rusia yang menyerang,” terangnya.

Namun, dia mencatat bahwa NATO membuatnya sangat jelas sejak awal serangan Rusia bahwa mereka tidak akan mengirim “pasukan NATO di darat, atau pesawat NATO di udara.”

“Kami melakukan itu karena kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa konflik ini tidak akan meningkat di luar Ukraina. Itu akan menyebabkan lebih banyak penderitaan, lebih banyak kematian, bahkan lebih banyak kehancuran,” lanjutnya.

“Mendeklarasikan zona larangan terbang berarti NATO perlu menyerang secara besar-besaran sistem pertahanan udara Rusia di Rusia, di Belarus dan di Ukraina, dan juga siap untuk menembak jatuh pesawat Rusia,” katanya.

“Dan kemudian risiko perang penuh antara NATO dan Rusia akan sangat tinggi, dan itu akan menyebabkan lebih banyak kematian dan lebih banyak kehancuran,” ujarnya.

Stoltenberg, menggambarkan garis merah aliansi, mengatakan blok itu “selalu siap untuk bertahan, melindungi dan bereaksi terhadap segala jenis serangan terhadap negara Sekutu NATO.”

Pada Rabu (23/3), Stoltenberg mengungkapkan bahwa para pemimpin NATO siap untuk menyetujui pada KTT peningkatan lebih lanjut dalam jumlah pasukan yang ditempatkan di Eropa Timur. Pasukan ini akan tetap di sana selama diperlukan.

Sementara itu, melalui sebuah pidato video kepada para pemimpin negara-negara anggota NATO, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta blok tersebut untuk memberikan bantuan militer tanpa batasan. Dia mengatakan bahwa Rusia menggunakan seluruh persenjataannya untuk mempertahankannegaranya dan telah “menginvestasikan uang gila dalam kematian sementara dunia berinvestasi dalam kehidupan.”

“Rasanya seperti kita berada di zona abu-abu, antara Barat dan Rusia, mempertahankan nilai-nilai bersama kita,” kata Zelensky, seraya menambahkan bahwa “hal yang paling menakutkan selama perang” adalah “tidak memiliki jawaban yang jelas atas permintaan bantuan.”

Presiden Ukraina menyarankan bahwa NATO dapat memberikan Ukraina hanya sebanyak 1% dari semua pesawat dan 1% dari semua tank yang dimiliki.

“Saya tidak menyalahkan NATO. Anda tidak harus. Bukan roket dan bom Anda yang menghancurkan kota-kota kami,” ujarnya.

Dia menambahkan blok tersebut “masih dapat mencegah Ukraina mati akibat serangan Rusia” dengan menyediakan “semua senjata” yang dibutuhkan Ukraina.

Dia mengakhiri pidato emosionalnya dengan mengatakan, “setelah perang melawan Rusia seperti itu,” NATO seharusnya tidak pernah memberi tahu Ukraina bahwa pasukannya “tidak memenuhi standar NATO,” tampaknya mengacu pada kurangnya kejelasan mengenai kapan Kiev akhirnya dapat bergabung dengan blok.

Diketahui, Rusia menyerang Ukraina pada akhir Februari, menyusul kebuntuan tujuh tahun atas kegagalan Kiev untuk menerapkan ketentuan perjanjian Minsk dan pengakuan Rusia atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk. Protokol Minsk yang ditengahi Jerman dan Prancis dirancang untuk mengatur status wilayah di dalam negara Ukraina.

Rusia telah menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral. Kiev bersikeras bahwa serangan Rusia benar-benar tidak beralasan, menyangkal klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali republik Donbass dengan paksa.

Ekspansi NATO ke arah timur dan kemungkinan Ukraina menjadi anggota adalah di antara alasan Rusia melancarkan serangan di negara tetangga.

Sumber: okezone

×
Berita Terbaru Update
close