AS Kecewa Berat, Presiden Suriah Bashar Al Assad Berkunjung ke Uni Emirat Arab -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

AS Kecewa Berat, Presiden Suriah Bashar Al Assad Berkunjung ke Uni Emirat Arab

Sabtu, 19 Maret 2022 | Maret 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-19T05:04:01Z

WANHEARTNEWS.COM - Presiden Suriah Bashar Al Assad berkunjung ke Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (18/3/2022). Kunjungan kepala negara sekutu dekat Rusia dan Iran itu disambut hangat penguasa UEA yang memicu kemarahan Amerika Serikat (AS).

"Sangat kecewa dan terganggu oleh upaya nyata untuk melegitimasi (Assad)," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/3/2022).

“Kami mendesak negara mana pun yang mempertimbangkan hubungan dengan rezim Assad untuk menimbang secara hati-hati kekejaman mengerikan yang dilakukan rezim terhadap warga Suriah selama 10 tahun terakhir, serta upaya berkelanjutan rezim untuk menolak sebagian besar akses terhadap bantuan kemanusiaan dan keamanan,” ujarnya, menambahkan. 

Assad tiba di UEA Jumat kemarin dalam kunjungan pertamanya ke negara Arab sejak perang Suriah pada 2011. Dia diterima Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Sebelum ini Assad diketahui tak pernah melakukan kunjungan luar negeri, selain ke Iran dan Rusia, selama menjabat.

Kantor berita WAM menyebutkan, Suriah merupakan pilar fundamental bagi keamanan Arab sehingga UEA ingin memperkuat kerja sama. 

Sebuah video yang diunggah WAM menunjukkan, Assad tersenyum saat berdiri di samping MBZ serta memberi isyarat selama pembicaraan.

Masih dilaporkan WAM, dalam pembicaraan kedua pihak menekankan pentingnya memelihara integritas wilayah Suriah serta penarikan pasukan asing dari negara itu. Mereka juga membahas dukungan politik dan kemanusiaan untuk Suriah dan rakyatnya untuk mencapai solusi damai.

"Syekh Mohammed mengungkapkan keinginan bahwa kunjungan ini akan membuka jalan kebagi kebaikan, perdamaian, dan stabilitas Suriah dan seluruh kawasan," bunyi laporan WAM.

Sementara itu Assad juga menjelaskan mengenai perkembangan situasi terakhir di Suriah.

Assad juga bertemu penguasa Dubai Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Seperti diketahui, AS menentang upaya untuk menormalisasi hubungan negara-negara Arab dengan rezim Assad kecuali jika dia berhasil membuat kemajuan politik terkait konflik di Suriah. Perang saudara di Suriah telah menewaskan ratusan ribu orang orang sejak pemberontakan melawan rezim Assad pecah pada 2011.

Pada November lalu AS juga menyampaikan keprihatinan saat menteri luar negeri UEA bertemu Assad di Damaskus.

Tanda-tanda pemulihan hubungan antara Assad dan negara-negara Arab sudah terlihat sejak tahun lalu. Bukan hanya UEA, sekutu dekat AS lainnya, Yordania, juga memulai komunikasi dengan Assad.

Sumber:inews
×
Berita Terbaru Update
close