Set Top Box TV Digital Segera Dibagikan Gratis, Catat Tanggalnya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Set Top Box TV Digital Segera Dibagikan Gratis, Catat Tanggalnya

Jumat, 04 Maret 2022 | Maret 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-04T01:15:31Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Tahap pertama pembagian set top box (STB) complimentary TV advanced akan segera dilakukan. Sebanyak 3.202.470 unit set top box free TV computerized untuk Analog Switch Off (ASO), akan dibagikan kepada rumah tangga miskin di 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten/kota, mulai 15 Maret hingga 30 April 2022.

Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail, mengatakan pemerintah akan membantu penyediaan set top box bagi rumah tangga miskin, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Ini dilakukan pada semua rumah tangga yang terdaftar dapat menerima siaran TV computerized pada saat dilakukannya ASO.

Apabila jumlahnya belum mencukupi maka Pemerintah dapat melengkapinya dengan pembiayaan dari APBN atau sumber lainnya yang sah.- Ismail, Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo -

Berikut rincian sesuai pembagian sumber penyediaan set top box free TV computerized:

893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar)

842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV)

454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7)

519.930 unit dari grup Media (Metro TV)

368.990 unit dari grup RTV, dan

87.277 unit dari Pemerintah

Cara mendapat STB free

Masyarakat yang berminat dapat STB free perlu terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di Play Store pada HP masing-masing.

Pada aplikasi Cek Bansos, pilih menu daftar usulan. Dari menu usulan dapat mendaftarkan diri Anda yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

Pilih menu tambah usulan. Dengan NIK KTP dan KK Anda, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan information apakah sudah sesuai atau belum.

Jika nama sudah tervalidasi, selanjutnya Anda bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB free.

Mekanisme pembagian STB

Expositions distribusi akan dimulai dengan pengiriman logistik STB ke gudang penyelenggara TV computerized di 341 kabupaten/kota.

Petugas akan mendistribusikan STB dari pintu ke pintu ke penerima bantuan. Akan dilakukan expositions verifikasi dan validasi information penerima bantuan berdasarkan KTP, kartu keluarga, dan kepemilikan TV. Jika information tidak sesuai, maka STB akan dikembalikan ke gudang.

Tahap selanjutnya adalah serah terima STB sekaligus memasang perangkat sampai berfungsi dengan baik. Saat STB telah terinstal, akan muncul kode batang (QR code) pada layar televisi. Petugas lalu memindai QR code tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan menginput nama, NIK/KK, alamat, serta memfoto penerima bantuan dan KTP.

Bagi masyarakat yang akan mendapatkan bantuan set top box beserta pihak dari penyelenggara multipleksing, bisa mengakses daftar daerah distribusi set top box berikut.

msn/kumparan

×
Berita Terbaru Update
close