Keren! TransJakarta Sukses , Anies Baswedan Berencana Luncurkan Mobil Dinas Listrik -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keren! TransJakarta Sukses , Anies Baswedan Berencana Luncurkan Mobil Dinas Listrik

Selasa, 08 Maret 2022 | Maret 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-08T15:24:50Z
Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana meluncurkan mobil dinas listrik secara bertahap guna mengurangi emisi karbon dan polusi udara di Jakarta.

"Di Jakarta saat ini sedang ada proses penggantian kendaraan menjadi kendaraan bertenaga listrik. Prosesnya secara bertahap. Kendaraan dinas bisa juga menggunakan kendaraan listrik," kata Anies saat peluncuran bus listrik Transjakarta di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Hari ini ada 30 unit bus listrik TransJakarta yang diluncurkan pada empat rute, yakni rute 1P (Terminal Senen-Bundaran-Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang), dan 6N (Ragunan-Blok M), dengan jam operasional pukul 06.00-21.00 WIB.

Menurut Anies, Pemprov DKI memprioritaskan peluncuran bus listrik TransJakarta daripada mobil dinas listrik.

Operasional bus listrik TransJakarta, kata dia, untuk masyarakat umum sehingga dapat mengurangi kemacetan serta mengurangi polusi udara.

"Itu sebabnya kami memilih meluncurkan kendaraan umum berbasis listrik bukan kendaraan dinas berbasis listrik, karena kalau kendaraan dinas berbasis listrik, jumlah mobilnya masih tetap sama di jalan," kata Anies.

Anies menegaskan, komitmen Jakarta untuk membangun sistem kendaraan berbasis listrik karena sejalan dengan upaya ibu kota mempercepat transisi menuju net zero emission dalam laporan IPCC 2022.

DKI Jakarta pun telah memasukkan rencana elektrifiikasi bus dan armada TransJakarta ke dalam Pergub Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim.

"Kita berharap, dengan adanya bus listrik ini, masyarakat menjadi sadar pentingnya ramah lingkungan, dan upaya mengurangi emisigas karbon di kota tercinta ini," kata Anies.

Kehadiran bus listrik TransJakarta juga dapat menurunkan polusi suara mengingat armada bus listrik menghasilkan suara 28 persen lebih rendah dibanding kendaraan armada konvensional.

Rencananya, semua armada TransJakarta akan berganti armada bus baru yang bebas emisi pada tahun 2025.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close