AS Pastikan Tak Akan Hadir di G20 Indonesia Jika Ada Rusia -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

AS Pastikan Tak Akan Hadir di G20 Indonesia Jika Ada Rusia

Kamis, 07 April 2022 | April 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T05:06:33Z

WANHEARTNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan G20 di Indonesia jika diikuti Rusia. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

Berbicara di House Financial Services Committee, Yellen mengatakan dia telah menjelaskan sikap AS tersebut kepada menteri keuangan lainnya yang tergabung di dalam grup.

“Presiden Biden telah menjelaskan, dan saya tentu saja setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi hal yang berjalan normal bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun,” kata Yellen dikutip dari CNN, Rabu (6/4).

"Dia (Biden) meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20 dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana," sambung dia.

Biden mengatakan dalam konferensi pers di Brussels bulan lalu, Rusia harus dikeluarkan dari G20, tetapi perlu ada kesepakatan di antara anggota lain untuk meresmikan langkah tersebut. Hal tersebut buntut dari adanya invasi dari Rusia ke Ukraina.

Diketahui, KTT G20 menurut jadwal akan dilaksanakan di Bali pada 30-31 Oktober 2022. Indonesia sebagai pemegang keketuaan/presidensi G20, mengundang semua kepala negara anggota organisasi pada pertemuan puncak itu.

Anggota G20 adalah:

Afrika Selatan
Amerika Serikat
Arab Saudi
Argentina
Australia
Brasil
India
Indonesia
Inggris
Italia
Jepang
Jerman
Kanada
Meksiko
Korea Selatan
Rusia
Prancis
China
Turki
Uni Eropa

Spanyol juga diundang sebagai tamu permanen. Beberapa organisasi internasional dan regional juga berpartisipasi dalam forum G20.

Sumber: kumparan
×
Berita Terbaru Update
close