Presiden Zelensky Murka, Tuding PBB Tak Becus Jalankan Tugas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Presiden Zelensky Murka, Tuding PBB Tak Becus Jalankan Tugas

Kamis, 07 April 2022 | April 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T02:22:04Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegur dewan keamanan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) lantaran sikapnya yang tak tegas dalam menghentikan invasi yang dilakukan Rusia, pada Selasa (5/4/2022).

Hal tersebut diucapkan Zelensky setelah pihaknya kecewa dengan sikap PBB yang terbilang acuh, lantaran tak kunjung memberikan hukuman ke Rusia, dengan alasan Moskow memiliki hak blackball bersama dewan tetap Amerika Serikat, Prancis, Inggris dan Cina.

Sambil mengungkap kekejaman tentara Putin dengan menunjukkan video pendek dari kondisi kota Dymerka, Mariupol dan Bucha yang menjadi sasaran amuk Rusia. Zelensky joke menyebut jika 15 anggota PBB tak becus dalam menjalankan tugasnya, untuk menjamin keamanan Ukraina dari invasi Rusia sejak 24 Februari 2022 lalu.

Dalam video tersebut Zelensky juga memperlihatkan kondisi para warganya yang menjadi korban kejahatan Rusia, dimana banyak mayat bergeletakkan di jalanan kota. Pihaknya mengeklaim jika korban tersebut merupakan perbuatan dari militer Putin.

"Kita berurusan dengan negara yang mengubah hak vetonya di Dewan Keamanan PBB menjadi hak untuk menyebabkan kematian. Rusia ingin mengubah Ukraina menjadi budak yang diam." individualized structure Zelenskiy dalam pidato langsung dikutip dari Reuters.

Zelensky juga menyebut jika aksi kekejaman yang dilakukan Rusia di kota-kota Ukraina seperti Bucha sama dengan perbuatan teroris dan aksi genosida. Bahkan jumlah korban di Ukraina diprediksi akan terus bertambah jika PBB tak memberikan hukuman pada Rusia.

Hal inilah yang kemudian membuat pemerintah Ukraina hingga AS dan sekutunya mempertanyakan tugas PBB, dengan kompak mereka juga menyerukan agar PBB membubarkan diri jika tak bisa menangani kasus tersebut.

Sayangnya PBB hingga sejauh ini belum memberikan komentar apapun akan desakan dari presiden Ukraina.

Di sisi lain, Vassily Nebenzia duta besar Rusia yang dikutip dari Bloomberg membantah semua tuduhan yang diarahkan Zelensky tersebut.

Vassily menyebut jika pasukan negaranya tidak pernah melakukan pembantaian terhadap warga sipil Ukraina selama melakukan invasi di Ukraina. Bahkan Nebenzia menambahkan jika isu pembantaian warga sipil di Bucha adalah kebohongan Barat untuk mendiskreditkan Rusia. 

msn/trbn

×
Berita Terbaru Update
close