Ucapan Idul Fitri Sesuai Sunnah Lengkap Beserta Maknanya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ucapan Idul Fitri Sesuai Sunnah Lengkap Beserta Maknanya

Sabtu, 30 April 2022 | April 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-30T02:46:46Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM -
Memberikan ucapan Idul Fitri tentunya bagian yang tak luput dari perayaan hari besar umat muslim tersebut. Allah SWT dalam surat Yunus ayat 58 berfirman, ada banyak rahmat dan karunia dalam momen ini. Oleh sebab itu umat Islam hendaknya bergembira.

Berikut ini bunyi ayat tersebut:

Middle Easterner: قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Latin: qul bifaḍlillāhi wa biraḥmatihī fa biżālika falyafraḥụ, huwa khairum mimmā yajma'ụn

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan."

Dikatakan dalam buku Misteri Bulan Ramadhan yang ditulis Yusuf Burhanudin, ucapan Idul Fitri mestinya diucapkan sebagai suatu penghormatan kepada orang lain. Sebab, agama Islam senantiasa mengajarkan untuk selalu mengucapkan hal baik layaknya doa kebaikan.

Ucapan Idul Fitri Sesuai Sunnah

Menurut sumber yang sama, ucapan Idul Fitri sebagaimana sunnah adalah 'taqobalallahu minna wa minkum'.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Artinya: "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua."

Jubair container Nufair mengisahkan sebuah riwayat di mana para sahabat Rasulullah SAW saling mengucapkan kalimat ini saat berjumpa di Hari Raya Idul Fitri. Demikian dikutip dari Kitab Fathul Bari, tulisan Ibnu Hajar Al Asqolani.

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: Dari Jubair container Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, "Taqobbalallahu minna wa minkum."

Dalam Majmu Fatawa (24/253), Ibnu Taimiyah pernah mendapat pertanyaan soal dasar hukum syariat ucapan Idul Fitri.

Beliau menjawab, "Taqabbalallahu minna waminkum, dan semacam itu, maka ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Tetapi Ahmad berkata: Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib."

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ucapan Idul Fitri sesuai sunnah taqobballahu minna wa minkum bisa sahabat hikmah haturkan kepada para sanak saudara ataupun sahabat. Selamat berlebaran.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close