Grand Launching Launching JIS, Anies Tak Undang Jokowi, Ini Alasannya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Grand Launching Launching JIS, Anies Tak Undang Jokowi, Ini Alasannya

Selasa, 24 Mei 2022 | Mei 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-24T00:29:46Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM -
Terkait Launching Jakarta International Stadium (JIS).

Diketahui Grand Launchingnya akan dilaksanakan pada 25 Juni 2022.

Terkait hal tersebut Presiden Joko Widodo tak diundang Pemprov DKI.

Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan tak mengundang Presiden Joko Widodo saat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, pihaknya hanya akan mengundang para pejabatan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta saat great sending off Stadion JIS nanti.

"Saya ingin tegaskan acara ini memang acara lokal Jakarta, biasanya kita mengundang dilingkup kita saja, withering jauh biasanya di kementerian," ucapnya di Balai Kota, Senin (23/5/2022).

Sebagai informasi, Grand Launching JIS akan dilaksanakan bersamaan dengan puncak HUT ke-495 DKI Jakarta.

Saat perayaan hari jadi Kota Jakarta, Pemprov DKI memang tak biasa mengundang presiden.

Hal ini bukan hanya terjadi di zaman kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, tapi juga period sebelumnya.

"Seperti pada hajatan tahun sebelumnya, undangan dari saat sending off biasanya dari lingkungan provinsi saja," ujarnya.

Walau demikian, tak menutup kemungkinan Pemprov DKI akan mengundang Presiden Jokowi saat Grand Launching JIS sekalipun shutting function HUT ke-495 Kota Jakarta.

"Soal nanti kami mengundang presiden atau tidak, kami akan komunikasikan. Masih ada waktu beberapa hari ke depan," individualized organization Marullah.

"Mudah-mudahan nanti apabila kelihatan memungkinkan untuk kita mengundang para pejabat di tingkat pusat akan kami laksanakan," sambungnya.

PDIP Klaim Anggaran JIS 80 Persen dari Jokowi, Anies Tinggal Gunting Pita, Gubernur Selanjutnya Cicil Utang

Politisi PDIP Gilbert Simanjuntak sebelumnya menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal pembangunan JIS.

Pasalnya, mayoritas anggaran yang digunakan untuk membangun JIS ternyata berasal dari bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Bahkan, Gilbert mengungkapkan bahwa pembangunan JIS nyaris mangkrak imbas pandemi Covid-19 yang melanda 2020 lalu.

"Akhirnya pusat turun memberikan bantuan lewat dana PEN sebesar Rp3,6 triliun pada tahun 2020 dan 2021 dari anggaran JIS Rp4,5 triliun," ujar Gilbert dalam keterangan tertulis, Senin (31/1/2022).

"Artinya, biaya pembangunan JIS itu 80 persen dari pemerintah pusat," tambahnya menjelaskan.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini joke menyentil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang acap kali pamer kemegahan stadion JIS dengan membanggakan hasil kepemimpinannya.

Terlebih, Anies juga tak pernah mengapresiasi jasa gubernur sebelumnya.

Padahal, compositions pembangunan stadion yang berada di Jakarta Utara itu sudah dibangun di period Gubernur Jokowi dan Ahok.

Bahkan, rencananya sudah disiapkan sejak zaman Gubernur Sutiyoso.

Sementara, Anies tinggal meneruskan dan meresmikan calon kandang Persija Jakarta itu.

"Klaim sepihak seakan menyatakan JIS keberhasilan Anies semata atau pencapaian seorang gubernur sekarang adalah tidak mendasar dan tidak menghargai upaya gubernur sebelumnya dan bantuan Presiden Jokowi," ujarnya.

Apalagi, kewajiban membayar cicilan ke pemerintah pusat nantinya akan dibebankan kepada penjabat (Pj) dan Gubernur DKI terpilih pada 2024 mendatang.

"Gubernur Anies yang sekarang menjabat melakukan gunting pita atas upaya beberapa gubernur sebelumnya dan atas dana 80 persen yang dari pusat," individualized organization dia.

"Sedangkan, biaya cicilan dan bunga juga ditanggung rakyat lewat APBD, bukan beban Jakpro dan akan dilanjutkan oleh Pj gubernur Oktober 2022 dan gubernur terpilih nantinya 2024," sambungnya menjelaskan.hlah kita diamin aja mau gimana saya juga ada melakukan kesalahan. Tapi setidaknya saya enggak sangka bakal digituin," ucap dia. msn/trbn

×
Berita Terbaru Update
close