Hepatitis Akut Misterius Makan Korban Seorang Anak Meninggal di Tulungagung -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hepatitis Akut Misterius Makan Korban Seorang Anak Meninggal di Tulungagung

Minggu, 08 Mei 2022 | Mei 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-08T02:44:26Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM -
Tulungagung - Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengungkap seorang anak perempuan berusia tujuh tahun di daerah itu meninggal akibat penyakit hepatitis akut misterius. "Ya... sudah konfirmasi," individualized structure Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Kasil Rokhmat, Sabtu 7 Mei 2022.

Pasien anak yang tidak disebut identitasnya itu sempat mendapat perawatan intensif di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Ciri klinisnya identik dengan penyakit hepatitis. Namun penyebabnya apa dan bersumber dari mana belum diketahui.

Menurut Kasil, hasil laboratorium tak mendeteksi adanya infeksi infection hepatitis A, B, C, D, maupun E pada anak tersebut. Konfirmasi positif hepatitis akut misterius, dia menambahkan, telah diberikan sesuai dengan kriteria Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kriteria itu antara lain ada gejala penyakit kuning, pasien berusia di bawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain. Adapun gejala lain yang muncul adalah demam, diare, pee berwarna lebih pekat dan feses pucat.

Kasil menjelaskan, temuan kasus pertama di daerahnya itu berawal saat si anak mengalami demam dan muntah sekitar empat hari. Pasien sempat diperiksakan ke RS swasta, namun tidak kunjung sembuh dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Iskak, namun meninggal pada Jumat .

Seperti dugaan yang tengah berkembang untuk banyak kasusnya di banyak negara lain belakangan ini- - di Indonesia termasuk tiga kasus meninggal di Jakarta- - Kasil menuturkan, dugaan sementara hepatitis akut ini ada hubungannya dengan adenovirus. "Infection ini diyakini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tingkat higienitasnya rendah," katanya.

msn/tmp

×
Berita Terbaru Update
close