Inilah SUV Bongsor yang Jadi 'Perisai Berjalan' Jokowi Selama di Amerika Serikat -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah SUV Bongsor yang Jadi 'Perisai Berjalan' Jokowi Selama di Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | Mei 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-12T15:59:22Z

WANHEARTNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo bersama rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10/5) malam waktu setempat.

Jokowi dijadwalkan akan menghadiri acara konferensi tingkat tinggi atau KTT AS-ASEAN pada 22 dan 23 Mei 2022. Pada kedatangannya itu, Jokowi disambut Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani.

Setiba mendarat di Washington DC, Presiden Jokowi langsung menaiki mobil Kepresidenan yang telah disiapkan, yakni Chevrolet Suburban, untuk menuju Hotel tempat beristirahat.

Penggunaan Chevrolet Suburban sebagai mobil Kepresidenan Jokowi selama berada di Amerika Serikat, terbilang wajar. Sebab, di Amerika Serikat sendiri, SUV bongsor ini didaulat sebagai mobil pengawal Kepresidenan Joe Biden.

Tidak hanya itu, Chevrolet Suburban juga seringkali difungsikan sebagai mobil-mobil penting serta tamu negara dan mobil duta besar Amerika di berbagai negara.

Spesifikasi Chevrolet Suburban
Adapun Chevrolet Suburban yang digunakan Jokowi merupakan Suburban generasi ke-10 yang pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif Los Angeles Auto Show 2006.

Berstatus sebagai mobil pengawal Presiden yang juga sering difungsikan sebagai mobil tamu negara, tentu saja sudah ada beberapa modifikasi yang dilakukan pihak Secret Service demi memenuhi standar keamanan kelas 1.

Beberapa modifikasi itu antara lain, penggunaan bodi dan kaca anti peluru hingga anti granat, alat penangkal roket, antena penangkal gelombang radio dan pendeteksi serangan, satelit komunikasi, Wifi, alat kesehatan dan oksigen, hingga senjata api ringan.

Secara keseluruhan, Chevrolet Suburban milik Secret Service ini memang diklaim memiliki standarisasi keamanan militer yang terbaik di bawah mobil Kepresidenan Amerika Serikat, The Beast.

Bicara spesifikasi mesinnya, Chevrolet Suburban sebenarnya memiliki 3 pilihan mesin yang seluruhnya merupakan mesin berkapasitas besar. Berikut lengkapnya.

- Mesin bensin V8 berkapasitas 5.3 liter, tenaga 320 dk dan torsi 460 Nm
- Mesin bensin V8 berkapasitas 6.0 liter, tenaga 352 dk dan torsi 519 Nm
- Mesin bensin V8 berkapasitas 6.2 liter, tenaga 395 dk dan torsi 637 Nm.

Sumber: kumparan
×
Berita Terbaru Update
close