Kerusuhan Geng di Penjara Ekuador, Puluhan Napi Tewas Ratusan Buron -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kerusuhan Geng di Penjara Ekuador, Puluhan Napi Tewas Ratusan Buron

Rabu, 11 Mei 2022 | Mei 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-11T06:48:17Z

WANHEARTNEWS.COM - Sebanyak 44 narapidana tewas dan lebih dari seratus dinyatakan buron dalam serentetan kerusuhan yang terjadi di penjara Ekuador.

Dikonfirmasi kepala Kementerian Dalam Negeri, Patricio Carrillo, tragedi di penjara Bellavista di Santo Domingo, sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat ibu kota Quito, disebabkan perkelahian antara narapidana dari dua geng saingan: Los Lobos, yang terlibat dalam kerusuhan baru-baru ini di penjara lain di dekat kota Cuenca, dan geng R7.


"Sebagian besar kematian akibat luka tusuk," kata Carrillo, seperti dikutip dari AFP, Selasa (11/5).

Ia tidak menutup kemungkinan jumlah korban akan bertambah karena beberapa orang mengalami luka parah. Awalnya, pihak berwenang telah berbicara tentang 41 kematian tetapi pada hari Selasa (10/5) jumlahnya meningkat menjadi 44.

Semua jenazah diperkirakan akan dipindahkan ke kerabat pada Selasa.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso menanggapi berita tersebut dengan mengatakan bahwa negaranya tidak akan menyerah pada mafia.

“Komitmen kami untuk memulihkan ketertiban di penjara adalah tegas. Contohnya adalah tindakan Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian Ekuador yang langsung melakukan pemindahan 6 pimpinan komplotan kriminal ,” ujarnya.

Para pemimpin geng dipindahkan ke dua penjara dengan keamanan maksimum yang terpisah. Menurut Carrillo, 112 narapidana telah ditangkap kembali sementara 108 lainnya masih buron.

Selama beberapa tahun terakhir, Ekuador telah menyaksikan peningkatan yang signifikan dalam insiden penjara. Pada tahun 2021, setidaknya 316 narapidana tewas dalam kerusuhan penjara yang terpisah.

April lalu, 20 korban dilaporkan tewas menyusul bentrokan di penjara Turi, dekat Kota Cuenca.

Pemerintah telah menyebutkan peningkatan perdagangan narkoba sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kekerasan di lembaga pemasyarakatan negara, meskipun kepadatan di penjara tetap menjadi masalah yang signifikan.

65 penjara Ekuador menampung sekitar 39.000 narapidana tetapi telah menyatakan kapasitasnya hanya untuk 30.000.

Penjara Bellavista memiliki kapasitas untuk 1.200 narapidana tetapi saat ini menampung 1.700. 

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close