PANAS! Sahut-sahutan Ariza-Novel Bamukmin soal Penggunaan JIS untuk Reuni 212 -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PANAS! Sahut-sahutan Ariza-Novel Bamukmin soal Penggunaan JIS untuk Reuni 212

Senin, 16 Mei 2022 | Mei 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-16T02:37:38Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM -
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) belum bisa digunakan untuk kegiatan non-olahraga, termasuk Reuni 212. Riza menyebut JIS untuk saat ini difokuskan untuk plan olahraga.

Soal peruntukan JIS di luar kegiatan olahraga bermula ketika Serikat Buruh hendak melakukan Mayday Fiesta. Kala itu Serikat Buruh meminta May Day Fiesta diizinkan untuk digelar di JIS.

Riza sempat menekankan Pemprov DKI menolak JIS digunakan untuk kepentingan politik. "JIS itu digunakan bersama untuk olahraga kepentingan seni budaya bahkan kepentingan agama. JIS tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik," ujar Riza kepada wartawan, Kamis (13/5/2022) malam.

Sehari kemudian Riza kembali ditanya hal serupa terkait peruntukan JIS dalam kegiatan politik. Riza pada saat itu meluruskan. Riza mengatakan JIS bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat Jakarta, termasuk kegiatan buruh, dengan syarat kegiatan positif dan sesuai undang.

"JIS dibangun untuk kepentingan masyarakat Jakarta dan kebanggaan Indonesia untuk kepentingan olahraga dan seni budaya sosial keagamaan, dan termasuk kegiatan lainnya yang bermanfaat. Termasuk kegiatan buruh, silakan bila dimungkinkan waktunya, silakan, kita tidak melarang semua kegiatan yang positif yang baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan," ujar Riza Patria di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Riza lalu berbicara tentang kemungkinan penggunaan JIS pada masa kampanye Pemilu 2024. Namun Riza mengatakan pihaknya masih menunggu aturan yang akan dikeluarkan JakPro.

"Termasuk nanti kalau masa kampanye 2024 kan selama ini di stadion. Kalau dimungkinkan di JIS saya kira nanti, tapi nanti saya tunggu pengaturan dari JakPro," individualized structure Riza.

"Yang penting itu aset milik bersama kita jaga kebersihannya kerapiannya dan lain sebagainya," sambungnya.

Riza lalu ditanya lagi soal bagaimana jika Reuni 212 digelar di JIS. Kala itu Riza memberi lampu hijau.

"Ya semua apa joke kegiatan yang dirasa baik, tidak melanggar aturan perundang-undangan, dibolehkan, apa saja yang tidak melanggar," ujar Riza di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Wagub Klarifikasi JIS Belum Bisa Dipakai untuk Reuni 212

Sehari kemudian Riza Patria meluruskan pernyataannya soal bisa tidaknya jika Reuni 212 digelar di JIS. Riza menyebut untuk kegiatan non-olahraga seperti Reuni 212 untuk saat ini belum bisa dilakukan di JIS.

"Perlu saya tegaskan bahwa JIS utamanya dibangun untuk kegiatan olahraga, mendorong lahirnya atlet kebanggaan Indonesia kelak. Ini untuk mengoreksi pemberitaan di media massa baru ini mengenai rencana reuni 212 yang memakai JIS," individualized structure Riza dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5/2022).

Riza menuturkan ke depan JIS akan menjadi tempat untuk berbagai kegiatan mulai dari olahraga sampai keagamaan. Riza mengatakan regulasi untuk kegiatan non-olahraga sedang disusun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Memang benar, ke depan JIS akan menjadi ruang publik, tempat warga bertemu dan berinteraksi dalam hal keagamaan, sosial, dan kebudayaan. Namun, untuk kegiatan non-olahraga tersebut, regulasi dan ketentuannya masih disusun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sehingga, untuk saat ini, belum bisa digunakan sebagai lokasi reuni 212," ucapnya.

Novel Bamukmin Pertanyakan Sikap Wagub DKI

Panitia 212 mempertanyakan apakah pernyataan Riza sudah mewakili Gubernur DKI Anies Baswedan. Novel menyebut Riza bukan bagian dari 212.

"Adapun Riza Patria memang bukan bagian dari 212 jadi maklum saja kalau belum apa sudah memberikan pernyataan sepihak tanpa tabayun atau komunikasi dulu dengan para tokoh 212. Saya juga nggak paham bahwa apa yang disampaikan sudah mewakili Anies Baswedan atau Pemprov DKI," customized organization Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA 212) Novel Bamukmin saat dihubungi, Minggu (15/5/2022).

Novel mengatakan pihaknya belum mengajukan izin kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menggunakan JIS sebagai lokasi Reuni 212. Namun dia mengaku bingung atas pernyataan sepihak Riza Patria terkait perizinan JIS untuk aksi 212 tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan tokoh terkait.

"Setahu saya pribadi reuni 212 masih jauh dan masih belum ada pembahasan untuk dimana tempatnya dan kami pasti komunikasikan kepada seluruh elemen 212 nanti untuk Reuni 212," ujar Novel.

"Adapun komen Riza Patria juga sangat membingungkan. Selain dia juga bukan bagian dari 212 karena hanya sebagai pengganti wakil gubernur yang memang saat itu kami perjuangkan satu paket bersama Anies Baswedan," sambungnya.

Wagub DKI Jawab Novel Bamukmin

Riza mengatakan pernyataannya sudah mewakili Gubernur Anies Baswedan dan Pemprov DKI. Riza menekankan saat ini JIS difokuskan untuk kepentingan olahraga.

"Iya (sudah mewakili Anies Baswedan), juga mewakili Pemprov. Jadi apa yang saya sampaikan bahwa JIS diperuntukkan untuk kepentingan olahraga. Untuk kepentingan lainnya, nanti akan diatur oleh JakPro. Jadi sekali lagi, untuk Reuni 212 itu belum ya, belum ke situ. Kita masih fokus untuk olahraga," ujar Riza setelah menghadiri peresmian kantor Pordasi DKI Jakarta di Pulomas, Minggu (15/5/2022).

Riza mengatakan sampai saat ini kegiatan di luar olahraga belum diterapkan regulasi dan ketetapannya. Riza menyebut nantinya peruntukan JIS akan seperti Gelora Bung Karno yang bisa dijadikan lokasi untuk berbagai kegiatan.

"Nantinya ke depan seperti Gelora Bung Karno (GBK). Sekali lagi JIS untuk kepentingan olahraga, untuk kepentingan di luar olahraga. Nanti akan diatur pada waktu yang akan datang. Nanti melalui JakPro," individualized structure Riza.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close