Siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya? Sosok Sekretaris Tim Transisi IKN -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya? Sosok Sekretaris Tim Transisi IKN

Jumat, 06 Mei 2022 | Mei 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-06T04:04:18Z

WANHEARTNEWS.COM - Tim percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru bernama Nusantara telah resmi di bentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu anggota yang mencuri perhatian yaitu Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya yang menjabat sebagai sekretaris IKN. 

Lantas siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya?
Achmad Jaka Santos Adiwijaya dikenal dari kalangan akademisi. Untuk mengenal siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya lebih banyak, simak penjelasannya berikut ini.

Proses pembentukan tim IKN baru nantinya akan dipimpin oleh kepala otorita IKN. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2022 menyebut bahwa Otorita Ibu Kota Nusantara merupakan sebuah lembaga setingkat kementerian yang bertanggung jawab pada kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, juga penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara. 

Adapun rencana pembentukan Tim Transisi IKN telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia No 105/2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan Pembangunan dan Pemindahan Ibu Kota Negara. 


Presiden telah menunjuk beberapa nama yang tergabung dalam tim percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Salah satunya yaitu Achmad Jaka Santos Adiwijaya yang menduduki posisi sekretaris IKN. Belum banyak masyarakat yang mengenal sosok Achmad Jaka. Berikut ini kami berikan profil singkat Achmad Jaka Santos Adiwijaya, sekretaris 


Siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya, Sekretaris Tim Transisi IKN? 

Diketahui Achmad Jaka Santos Adiwijaya merupakan dosen pascasarjana Universitas Djuanda prodi Magister Hukum. Ia telah menempuh pendidikan hingga jenjang S3 dan mendapat gelar Doktor. 


Achmad Jaka menempuh pendidikan S1 di Universitas Padjadjaran. Kemudian ia melanjutkan S2 nya di Universitas Teknologi Sydney. Selesai kuliah S2 di Sidney ia menyelesaikan S3 di Universitas Padjadjaran. 

Pada tahun 2021 ia diangkat menjadi ketua merangkap menjadi Anggota Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran. 


Selain Achmad Jaka Santos Adiwijaya ada beberapa nama-nama anggota tim trandisi (IKN) beserta jabatannya yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi. Diantaranya yaitu: 

Tim Transisi IKN dipimpin oleh Kepala IKN Bambang Susantono. Kemudian, wakil ketua tim transisi yaitu Wakil Kepala IKN Dhonny Rahajoe. 

Bidang Sekretariat 

1. Sekretaris: Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya 

2. Tim Informasi dan Komunikasi: 


Dr. Sidik Pramono (Koordinator) 
Panji Himawan, S.E. 
Tim Ahli 


Dr. Ir. Wicaksono Sarosa, MCP. (Koordinator) 
Prof. Dr. Masjaya, M.Si. 
Sofian Sibarani, ST., MUDD. 
Irfan Ahadi Tachrir, S.H. 
Yose Rizal, S.T. 
Selain ada tim transisi juga ada Tim Penasihat yang diketuai oleh mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan empat anggota lainnya. 

Keempat anggota tersebut antara lain Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, serta Deputi Bidang Perundang-undangan dan Administrasi Hukum Kemensetneg Lydia Silvanna Djaman. 


Berdasarkan rencana sesuai dengan UU IKN Nomor 3 Tahun 2022, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan,Otorita IKN mulai beroperasi paling lambat pada akhir 2022. Sementara itu tim transisi sudah mulai bertugas sejak ditetapkan pada 28 April 2022 hingga otoritas IKN selesai dibentuk. 

Demikian tadi ulasan mengenai siapa Achmad Jaka Santos Adiwijaya, sekretaris IKN baru. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close