Temui Pimpinan MPR, Gatot Bahas Kudeta Konsitusi Pemerintahan Jokowi yang Melenceng dari UUD 1945 -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Temui Pimpinan MPR, Gatot Bahas Kudeta Konsitusi Pemerintahan Jokowi yang Melenceng dari UUD 1945

Selasa, 31 Mei 2022 | Mei 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-31T13:13:22Z

WANHEARTNEWS.COM - Ketua Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo menemui Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Sejumlah hal dibahas terkait kondisi dan situasi bangsa akhir-akhir ini.

Dalam pertemuan ini, Gatot menguraikan bahwa jalannya pemerintahan Joko Widodo telah jauh melenceng dari tujuan negara sebagaimana yang diamantkan dalam Undang Undang Dasar 1945 dan konstitusi. Jalannya pemerintahan saat ini, menurut Gatot telah terjadi berbagai penyimpangan, penyelahgunaan kekuasaan, abuse of power, menjual pengaruh, dan moral hazard.

“Hari ini kita menjadi saksi bagaimana praktek pengelolaan negara dijalankan dengan sesuka dan semau-semaunya sendiri. Para penyelenggara negara telah meninggalkan semangat dan nilai-nilai dalam pengelolaan negara yang jujur dan bertangung jawab, bahkan mereka, terbukti tidak lagi berpegang pada landasan moral, fatsoen dan etika, serta tidak taat azaz dan melanggar konstitusi, UUD 1945,” kata Gatot saat menemui pimpinan MPR RI, Selasa (31/5).

Selain itu, kata Gatot, sejumlah pelanggaran dalam bernegara terlihat vulgar dan terang-terangan. Termasuk, ujar mantan Panglima TNI ini, upaya untuk melanggengkan kekuasaan yang dilakukan dalam “operasi politik” yang terstruktur, sistematis dan masif untuk menunda pemilu serta menambah masa jabatan presiden hingga tiga periode dari dua periode yang diamanatkan konstitusi.

“Jika dilakukan dan terjadi, itu merupakan puncak dari praktek bernegara yang sangat buruk, dan mengarah pada bentuk negara  fasis, diktator. Dalam hal ini telah terjadi upaya kudeta konstitusi. Sangat berbahaya bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara hari ini dan bagi kelangsungan masa depan bangsa dan negara tercintai ini di masa mendatang,” demikian Gatot.

Sumber: rmol

×
Berita Terbaru Update
close