Kisah Istana Mariinsky, Tempat Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelensky -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kisah Istana Mariinsky, Tempat Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelensky

Kamis, 30 Juni 2022 | Juni 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-30T14:39:20Z

WANHEARTNEWS.COM - Istana Mariinsky menjadi tempat pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu, 29 Juni 2022. Istana yang terletak di Kyiv, Ibu Kota Ukraina, itu merupakan tempat tinggal resmi Presiden Ukraina.

Melansir kyivpost, istana itu dibangun pada abad ke-18, dan telah ditutup untuk pengunjung selama hampir 12 tahun. Seperti gedung-gedung pemerintahan lainnya, istana tersebut hanya bisa dilihat publik dari balik pagar. 

Tempat itu juga sempat direnovasi untuk mengembalikan citra baroknya dengan fasad pirus yang khas. Meskipun pekerjaan selesai pada 2017, bangunan tersebut tetap tidak bisa diakses oleh publik, dan hanya digunakan terutama untuk resepsi politik dan kenegaraan.

Namun, pada 2020 Istana Mariinsky akhirnya mulai dibuka untuk pengunjung meski masih terbatas oleh pandemi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi (kiri) melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022. Lawatan Presiden Jokowi ke Ukraina dalam rangka misi perdamaian. ANTARA/Setpres/Agus Suparto

Namun, pada 2020 Istana Mariinsky akhirnya mulai dibuka untuk pengunjung meski masih terbatas oleh pandemi. Terletak di kawasan pemerintahan, istana ini masih digunakan oleh presiden untuk menyambut delegasi asing. 

Mariinsky adalah sejarah yang unik, karena negara ini secara historis tidak dikenal dengan istana kerajaan. Di Kekaisaran Rusia, Ibu Kota Ukraina lebih merupakan kota provinsi yang tidak menarik untuk keluarga kerajaan yang tinggal di St. Petersburg dan Moskow. Tapi kondisi itu tiba-tiba berubah pada 1747, ketika Ratu Rusia Elizabeth menugaskan pembangunan Istana Mariinsky dan Gereja St. Andrew yang terletak di Keturunan Andriivsky. 

Kedua bangunan, yang ditujukan untuk keluarga kerajaan, dirancang oleh arsitek Italia Francesco Bartolomeo Rastelli, yang sebelumnya bekerja di Istana Musim Dingin dan Istana Vorontsov di St. Petersburg. Pembangunan Mariinsky selesai pada 1752.

Mariinsky dibangun kembali dua kali. Pertama pada abad ke-19 setelah kebakaran dahsyat menghancurkan struktur kayunya, dan kemudian setelah Perang Dunia II ketika sebagian dihancurkan oleh bom. Meskipun bangunan tersebut mengalami perombakan yang tidak dapat dikenali, rekonstruksi ini benar-benar menambah nilai pada istana, menurut Kozhukhar.

Lebih dari satu dekade kemudian, Istana Mariinsky membangun kembali tampilan abad ke-19: Sebuah bangunan barok dua lantai dengan dinding fasad pirus, jendela tinggi dan pilar, langkan, dan plesteran yang dicat terang.

Jokowi bertemu dengan Volodymyr Zelensky untuk membuka ruang dialog perdamaian atas konflik terbuka Rusia - Ukraina yang berlangsung sejak Februari 2022. 

Sumber: tempo
×
Berita Terbaru Update
close