Mungkin Begini Caranya Agar Antrian Haji Tidak Panjang Lagi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mungkin Begini Caranya Agar Antrian Haji Tidak Panjang Lagi

Rabu, 01 Juni 2022 | Juni 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-01T15:05:01Z
MUNGKIN BEGINI CARANYA AGAR ANTRIAN HAJI TIDAK PANJANG LAGI

KONDISI SEKARANG:

► Antrian haji reguler di Indonesia sangat lama 25-40 tahun lebih, semenjak tahun 2009 dana talangan haji marak ditawarkan banyak lembaga keuangan.

► Mereka yang daftar haji umur 30 tahun, berangkat umur 60 tahun. Yang umur 40 tahun, berangkat umur 70 tahun, dan antrian makin mengular panjang. 

►  Tahun 2007 masih bisa bayar sekarang berangkat tahun depan.

► Tahun 2014 pemerintah sudah melarang dana talangan haji, karena ibadah ini untuk yang mampu. Pihak pemberi utangan berkilah "ini hanya untuk mendapatkan porsi, pas mau berangkat mereka melunasi, berarti mereka sudah mampu!"

► Larangan dana talangan tidak tegas, buktinya minggu lalu iklan dana talangan haji dari sebuah finance masih wira-wiri di facebook.

► Biaya haji reguler membengkak, dari yang dibayar jamaah 39 jutaan, sebenarnya biaya asli 81 juta per jamaah (selama 40 hari). Kurangnya? Pemerintah mengambil dari keuntungan "investasi" dana haji yang disebut "nilai manfaat".

► Tidak semua jamaah punya kesempatan haji plus (170 juta) atau haji furoda (300 juta) yang masa tunggu lebih singkat atau langsung berangkat. 

SOLUSINYA BEGINI:

► Larangan tegas dana talangan haji dari pemerintah.

► Pemerintah berani memotong antrian haji. Misal 5 tahun dari sekarang antrian berangkat, tahun 2027 antrian distop.

► Pemerintah lewat BPKH mengembalikan semua dana haji semua jamaah yang sudah terdaftar mulai tahun 2028. Apakah uangnya tersedia 100%? Naah itu urusan BPKH dan pemerintah pasti memantau.. kan sudah disetor 25 juta/jamaah, apakah dana diinvestasikan jangka pendek atau jangka panjang, tinggal disampaikan secara terbuka kepada masyarakat. 

► Jamaah yang mau berangkat tahun 2028 wajib membayar 81 juta (misal gak naik), pendaftaran dibuka tahun 2027 selama 2 bulan. Siapa yang cepat dan mampu dia yang berangkat.

EFEKNYA:

► Yang berangkat haji adalah yang benar-benar mampu. Bukan mampu polesan dari lembaga pemberi utangan.

► Tidak ada drama-drama politik, dana haji untuk ini lah, untuk itu lah, pemerintah gak amanah dll

► Antrian haji tidak lagi panjang puluhan tahun

► Yang belum mampu bayar cash 81 juta, bisa berangkat umroh yang biayanya lebih murah. 

Demikian... nanti kalau di komentar ada yang nulis "teori gampang mas, jempolmu turah, bullshit.. telek kebo, dll" maka cukup saya jawab sekarang, ya paling tidak saya urun rembuk duluan, daripada cuma bangun tidur ileran.. 

Salam.. 😄🙏

By Saptuari Sugiharto 
(Pengusaha Muslim)

×
Berita Terbaru Update
close