Perpaduan Militer-Sipil, Pengamat: Sinyal Dukungan Jokowi untuk Moeldoko dan Ganjar Sangat Jelas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perpaduan Militer-Sipil, Pengamat: Sinyal Dukungan Jokowi untuk Moeldoko dan Ganjar Sangat Jelas

Senin, 06 Juni 2022 | Juni 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-06T05:33:22Z

WANHEARTNEWS.COM - Publik tidak boleh melupakan sosok Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, ketika menyimpulkan ucapan Presiden Joko Widodo soal "orang yang kita dukung ada di sini". Ucapan itu, terlontar saat Jokowi hadir di Rakernas Projo di Magelang beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kalimat Jokowi disimpulkan sebagai dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Padahal, ada Moeldoko yang juga hadir di acara tersebut.


Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Politik Indonesia Maju (LKPIM), Saiful Huda Ems mengatakan, Moeldoko tak bisa dipandang sebelah mata dalam percaturan menuju Pilpres 2024. Selain punya modal elektabilitas di berbagai survei, Moeldoko sangat dekat dengan Presiden Jokowi dan hampir tiap saat selalu menemani kunjungan kepala negara.

"Beliau merupakan tokoh politik nasional yang dalam lembaga survei nasional, telah menempatkannya sebagai tokoh yang masuk dalam 10 besar Capres RI 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi, beliaulah yang bernama Moeldoko," ujar Saiful Huda dalam keterangan tertulis, Minggu (5/6).

Selain itu, kata dia, Moeldoko juga merupakan seorang Dewan Pembina Projo. Bahkan Moeldoko lah yang naik ke panggung saat Jokowi membuka Rakernas Projo tersebut.

Lanjutnya, Moeldoko yang elektabilitasnya dalam beberapa lembaga survei nasional kian meningkat berkat pengalamannya di militer dan birokrasi itu, berinisiatif mengundang Presiden Jokowi pada sebuah acara panen dan tanam sorgum beberapa hari lalu di Nusa Tenggara Timur.

"Dari foto-foto Presiden Jokowi dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, terlihat betapa akrab dan mesranya kedua tokoh nasional ini selama disana, dan dimanapun beliau berdua berjumpa," terangnya.

Menurutnya, Ganjar memang telah mencapai angka tertinggi dalam beberapa lembaga survei nasional, hingga nyaris menembus angka 30 persen dari sisi elektabilitasnya.

Sementara Moeldoko dari yang awalnya tidak terlalu diperhitungkan, tiba-tiba melesat masuk 10 besar capres berkat pemahaman masyarakat yang semakin hari semakin mengenal mantan Panglima TNI itu.

"Sinyal pernyataan dukungan Presiden Jokowi untuk kedua tokoh hebat ini (Moeldoko dan Ganjar) sebagai pasangan capres-cawapres 2024 sangatlah jelas, cetho welo-welo, yang menampakkan perpaduan militer-sipil atau sipil-militer," pungkasnya.

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close