Siapa GP Ansor? Organisasi yang Belakangan Jadi Sorotan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siapa GP Ansor? Organisasi yang Belakangan Jadi Sorotan

Minggu, 26 Juni 2022 | Juni 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-26T10:18:38Z

WANHEARTNEWS.COM - GP Ansor DKI Jakarta disorot publik usai mendatangi beberapa gerai Holywings pada Jum'at (24/6/2022). Kelompok ini meminta agar kafe tersebut ditutup, disusul dengan kasus promosi miras gratis bagi pemilik nama Muhammad dan Maria.

Berdasarkan poster digital yang mereka sebar, ada 11 lokasi Holywings yang didatangi di wilayah Jakarta, di antaranya Holywings Kemang, Kebayoran Baru, Kuningan, Kelapa Gading dan Tanjung Duren.

Lantas, apa itu GP Ansor? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

GP (Gerakan Pemuda) Ansor merupakan salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang bergerak di bidang kepemudaan dan kemasyarakatan. 

GP Ansor resmi didirikan oleh K.H. Abdul Wahhab Hasbullah sejak Muktamar NU ke-9 pada tanggal 24 April 1934 atau 10 Muharram 1353 H di Banyuwangi, Jawa Timur.


Gerakan ini membawahi Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Rijalul Ansor, Densus 99, Lembaga Wakaf Ansor, Lembaga Bantuan Hukum Ansor, Barisan Ansor Anti-Narkoba, dan PT. Sorban Nusantara Travel.

Tak hanya itu, GP Ansor juga sudah memiliki kepengurusan wilayah yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Gerakan ini dipimpin oleh K.H. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor.


GP Ansor juga punya visi, misi, serta tujuan dan berikut daftar selengkapnya, yang dikutip dari laman resmi mereka, ansor.id. 

Visi

Revitialisasi Nilai dan Tradisi
Penguatan Sistem Kaderisasi
Pemberdayaan Potensi Kader
Kemandirian Organisasi
Misi

Internalisasi Nilai ASWAJA dan Sifatur Rasul dalam Gerakan GP. Ansor
Membangun Disiplin Organisasi dan Kadersasi bebasis Profesi
Menjadi sentrum lalulintas informasi dan peluang usaha antar kader dengan stakeholder
Mempercepat kemandirian ekonomi kader dan organisasi
Tujuan

1. Membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih.


2. Menegakkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan menempuh manhaj salah satu madzhab empat di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, berkemakmuran, berkemanusiaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridhoi Allah SWT.

Itulah penjelasan tentang GP Ansor organisasi berbasis NU yang belakangan jadi sorotan.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close