Saudi Menangkap Warganya Yang Telah Membantu Jurnalis Israel Memasuki Kota Suci Mekkah -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Saudi Menangkap Warganya Yang Telah Membantu Jurnalis Israel Memasuki Kota Suci Mekkah

Jumat, 22 Juli 2022 | Juli 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-22T12:33:27Z
WANHEARTNEWS.COM -  JEDDAH — Polisi di Mekah telah menangkap dan menuntut seorang warga Saudi ke Penuntut Umum setelah ia diduga terlibat dalam memfasilitasi masuknya seorang jurnalis non-Muslim Amerika ke kota suci itu, menurut juru bicara resmi kepolisian wilayah Mekah.

Dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh Saudi Press Agency (SPA) pada hari Jumat (22/7/2022), juru bicara merinci insiden di mana warga mengangkut wartawan Amerika ke Mekah melalui jalur khusus untuk umat Islam.

Dia mengatakan ini adalah pelanggaran eksplisit terhadap peraturan yang melarang non-Muslim memasuki daerah suci. Warga negara itu ditangkap dan tindakan hukum diambil terhadapnya.

Juru bicara tersebut mencatat bahwa semua pengunjung Kerajaan harus menghormati dan mematuhi peraturan terutama yang berkaitan dengan Masjidil Haram dan tempat-tempat suci.

“Pelanggaran semacam ini dianggap sebagai kejahatan yang tidak akan ditoleransi, dan hukuman yang sesuai akan diterapkan kepada pelaku sesuai dengan peraturan terkait,” tambahnya.

Juru bicara itu mengatakan kasus jurnalis Amerika yang terlibat dalam kejahatan itu juga dirujuk ke Penuntut Umum untuk mengambil tindakan yang tepat terhadapnya.


***

Sebelumnya heboh diberitakan ada jurnalis Israel yang berhasil memasuki kota suci Mekkah.

Seorang jurnalis Israel telah menyiarkan rekaman dari Mekah di Arab Saudi, menentang larangan lama masuknya non-Muslim ke kota paling suci Islam.

Saluran 13 Israel menayangkan sebuah laporan pada hari Senin (18/7/2022) yang menampilkan editor berita dunianya Gil Tamari mengemudi di sekitar kota suci dan menunjukkan pemandangan dan landmark yang signifikan.

Tamari melaju melewati Gerbang Mekah yang melengkung, yang menandai pintu masuk ke kota dan titik di mana non-Muslim dilarang masuk, dan Masjidil Haram, situs terpenting dalam Islam.

Dia juga mengambil selfie di Gunung Arafat - bukit di pinggiran Mekah tempat Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya, sebuah tempat di mana umat Islam berkumpul selama ziarah haji tahunan.

Ada larangan total bagi non-Muslim memasuki Mekah dan sebagian kota suci Madinah. Mencoba masuk dapat mengakibatkan hukuman, termasuk denda atau deportasi.

Tamari termasuk di antara tiga wartawan Israel yang diizinkan masuk ke Arab Saudi untuk meliput konferensi regional pekan lalu yang dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden.
 
'Menjijikkan'

Kunjungan tersebut telah banyak dikritik secara online, dengan tagar "Yahudi di Haram" yang digunakan oleh beberapa pengguna media sosial Muslim.

“Orang-orang mulia Mekah dan ulama besar seperti [ulama Islam yang ditahan] Dr Musa al-Sharif berada di penjara Saudi, tetapi seorang Yahudi Zionis berkeliaran di Mekah,” tweet seorang pengguna.

Kunjungan rahasia itu dikutuk oleh suara-suara pro-Israel, termasuk blogger Saudi Mohammed Saud, yang telah mengunjungi Israel dan mendukung normalisasi antara Tel Aviv dan negara-negara Arab.

“Teman-teman terkasih di Israel, salah satu reporter Anda memasuki kota suci Muslim Mekah dan merekam tanpa rasa malu,” kata Saud dalam pidato video dalam bahasa Ibrani yang fasih.

“Itu seperti saya memasuki sinagog dan membaca Taurat. Malu pada Anda Channel 13, Anda seharusnya malu tidak menghormati Islam seperti itu.”

Beberapa orang Israel juga mengkritik Tamari, menggambarkannya sebagai "menjijikkan" dan meminta Israel untuk menyerahkannya kepada pihak berwenang Saudi.
Pada hari Selasa, Tamari meminta maaf di media sosial, menyatakan bahwa tujuan dari video tersebut adalah “untuk menunjukkan pentingnya Mekah dan keindahannya”.

“Keingintahuan adalah jantung dan pusat jurnalisme, dan jenis pertemuan jurnalistik tangan pertama inilah yang membedakan jurnalisme yang baik dari jurnalisme yang hebat,” klaimnya.

Kunjungan tersebut mengikuti perjalanan pertama Biden ke Timur Tengah sebagai presiden, di mana ia mengunjungi Israel, wilayah pendudukan, dan Arab Saudi. Dia menjadi pemimpin AS pertama yang terbang langsung dari Tel Aviv ke kota Jeddah, Saudi.

Biden mengatakan bahwa pemerintahannya sedang bekerja untuk "memperdalam dan memperluas" normalisasi Israel dengan negara-negara Arab, setelah administrasi Donald Trump menengahi perjanjian normalisasi antara Israel dan empat negara Arab - Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko.

Meskipun Riyadh tidak secara resmi mengakui Israel, hubungan antara kedua negara telah memanas dalam beberapa tahun terakhir dan diplomasi sering dilakukan secara rahasia.

×
Berita Terbaru Update
close