Sepak Terjang Shinzo Abe Selama Menjabat Perdana Menteri Jepang -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sepak Terjang Shinzo Abe Selama Menjabat Perdana Menteri Jepang

Jumat, 08 Juli 2022 | Juli 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-08T14:14:15Z

WANHEARTNEWS.COM -

WANHEARTNEWS.COM - Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang, menjadi korban penembakan saat melakukan kampanye untuk pemilihan parlemen pada Jumat (8/7/2022) siang hari pukul 11.30 waktu setempat.

Tetsuya Yamaga (41) selaku penembak Shinzo Abe merupakan seorang yang pernah bertugas di pangkalan militer Jepang. Ia merupakan warga Nara, Jepang.

Menurut informasi, Shinzo Abe ditembak dari arah belakang dan mengenai sisi kiri dada dan tampaknya pada bagian lehernya juga.

Shinzo Abe menjabat dua periode sebagai perdana menteri dan menjadi perdana menteri terlama di Jepang sebelum mengundurkan diri pada tahun 2020 dengan alasan kesehatan yang buruk.

Abe terkenal karena kebijakan "Abenomics" tentang pelonggaran moneter yang agresif dan pengeluaran fiskal. Dia juga mendukung pengeluaran pertahanan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan dan memperluas kemampuan militer untuk memproyeksikan kekuatan di luar negeri.

Dalam perubahan bersejarah pada tahun 2014, pemerintah Jepang di bawah kepemimpinan Shinzo Abe menafsirkan kembali konstitusi pasifik pascaperang yang memungkinkan pasukan berperang di luar negeri untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia Kedua berakhir.

Tahun berikutnya, undang-undang mengakhiri larangan menggunakan hak pembelaan diri kolektif, atau membela negara sahabat yang diserang.

Abe, bagaimanapun, tidak mencapai tujuannya yang telah lama dipegangnya untuk merevisi konstitusi yang dirancang AS dengan menulis Pasukan Bela Diri, seperti yang dikenal militer Jepang, ke dalam Pasal 9 pasifis.

Selain itu, dia juga berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, menghargai keinginan untuk memimpin Olimpiade, yang ditunda satu tahun hingga 2021 karena pandemi COVID-19.

Abe pertama kali menjabat pada 2006 sebagai perdana menteri termuda Jepang sejak Perang Dunia Kedua. Setelah setahun diganggu oleh skandal politik, kemarahan pemilih karena kehilangan catatan pensiun, dan kekalahan pemilihan untuk partai yang berkuasa, Abe berhenti dengan alasan kesehatan yang buruk.

Dia menjadi perdana menteri lagi pada tahun 2012

Abe berasal dari keluarga politik kaya dimana ayahnya pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan di waktu bersamaan, kakeknya menjabat sebagai perdana menteri.

Pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada 1993 setelah kematian ayahnya, Abe menjadi terkenal secara nasional dengan mengambil sikap keras terhadap Korea Utara dalam perseteruan atas warga Jepang yang diculik oleh Pyongyang beberapa dekade lalu.

Meskipun Abe juga berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan China dan Korea Selatan, di mana kenangan pahit masa perang berjalan dalam, ia membuat marah kedua tetangga pada tahun 2013 dengan mengunjungi Kuil Yasukuni Tokyo, yang dilihat oleh Beijing dan Seoul sebagai simbol militerisme masa lalu Jepang.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close