Departemen Kehakiman AS Selidiki Dugaan Pelecehan Seksual di Gereja Baptis -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Departemen Kehakiman AS Selidiki Dugaan Pelecehan Seksual di Gereja Baptis

Senin, 15 Agustus 2022 | Agustus 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-15T00:32:31Z

WANHEARTNEWS.COM - Southern Baptist Convention (SBC), kelompok penganut Protestan terbesar di AS, mengatakan bahwa beberapa entitasnya sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman, setelah sebuah laporan menemukan gereja salah menangani klaim pelecehan seksual dan korban yang dianiaya.

Dalam pernyataan persnya, Jumat, 12 Agustus 2022, SBC tidak memberikan perincian tentang penyelidikan dan Departemen Kehakiman tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Namun komite eksekutif gereja mengatakan bahwa pihaknya akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dan akan "secara transparan menangani momok pelecehan seksual."

“Komite Eksekutif SBC baru-baru ini mengetahui bahwa Departemen Kehakiman telah memulai penyelidikan terhadap kami, dan bahwa penyelidikan akan mencakup beberapa entitas SBC,” demikian pernyataan yang dikeluarkan 14 pemimpin SBC dari berbagai entitas teratas seperti dikutip Wahington Post. “Secara individu dan kolektif, setiap entitas SBC memutuskan untuk sepenuhnya dan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan.”

Sebuah laporan internal yang dilakukan SBC dan dirilis pada bulan Mei menemukan bahwa keluhan pelecehan seksual oleh para pendeta dan staf diabaikan atau ditutup-tutupi oleh pimpinan, sebuah praktik yang terjadi selama beberapa dekade. 

Konvensi, yang memiliki 13,7 juta anggota, sejak itu mengeluarkan permintaan maaf resmi atas pelecehan tersebut dan merilis daftar ratusan pelanggar yang telah dihukum pidana, memiliki penilaian perdata terhadap mereka atau mengakui tindakan mereka.

Dalam pernyataannya, komite eksekutif Konvensi mengatakan penyelidikan Departemen Kehakiman "akan mencakup beberapa entitas SBC." Setiap entitas memutuskan untuk bekerja sama sepenuhnya, tambahnya.

"Para pemimpin di seluruh SBC telah menunjukkan keyakinan kuat untuk mengatasi masalah-masalah di masa lalu dan menerapkan langkah-langkah untuk memastikan kejadian ini tidak pernah terulang di masa depan," katanya.

Southern Baptist Convention (SBC), yang didirikan pada 1845 adalah denominasi Gereja Baptis terbesar di dunia, denominasi Protestan terbesar di Amerika Serikat dan denominasi Kristen terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Gereja Katolik.

Sumber: tempo
×
Berita Terbaru Update
close