Komnas HAM: Skuad yang Ancam Bunuh Brigadir Yosua Ternyata Si Kuat Maruf -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komnas HAM: Skuad yang Ancam Bunuh Brigadir Yosua Ternyata Si Kuat Maruf

Selasa, 23 Agustus 2022 | Agustus 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-23T00:23:01Z

WANHEARTNEWS.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa skuad yang sempat disebut Brigadir Yosua akan membunuh dia, bukan merujuk kepada tim. Skuad yang dimaksud ternyata Kuat Maruf, sopir Irjen Ferdy Sambo yang sekarang berstatus tersangka pembunuhan.

“Skuad yang dimaksud adalah Kuat Maruf, ternyata si Kuat itu bukan skuad penjaga,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam rapat dengan Komisi Hukum DPR, Senin, 22 Agustus 2022.

Anam menuturkan, keterangan mengenai skuad itu awalnya didapatkan saat wawancara dengan Vera, pacar Yosua. Beberapa saat sebelum pembunuhan, Yosua sempat menelepon Vera. Di telepon, Yosua mengatakan bahwa dirinya diancam akan dibunuh.

Kepada Vera, Yosua menceritakan dilarang menemui Putri Candrawathi  yang berada di kamar di lantai dua rumah dinas Ferdy di kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Bila naik, Yosua mengatakan akan dibunuh.

Anam lalu bertanya kepada Vera, siapa yang mengancam membunuh kekasihnya. Vera, kata dia, menjawab skuad. Menurut Anam, Vera dan Komnas HAM sama-sama salah memahami perkataan Yosua. Yosua ternyata mengatakan Kuat bukan skuad dalam artian tim.

Kuat Maruf merupakan sopir yang telah lama bekerja untuk Ferdy. Karena itu, dia cukup disegani di antara ajudan Ferdy. Dia biasa dipanggil "Om." Majalah Tempo edisi terbaru mengungkap kronologis penyebab Kuat mengancam Brigadir Yosua. Kejadiannya bermula di Magelang, ketika Putri dan para ajudan sedang mengunjungi anak Ferdy yang bersekolah di SMA Taruna Nusantara.

Sumber: tempo
×
Berita Terbaru Update
close