Ngeri, KKB Tembaki Petugas Keamanan Saat Upacara HUT RI di Intan Jaya, Para Kapolres Diminta Waspada

Ngeri, KKB Tembaki Petugas Keamanan Saat Upacara HUT RI di Intan Jaya, Para Kapolres Diminta Waspada


WANHEARTNEWS.COM - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua tembaki petugas keamanan dengan saat upacara HUT RI ke-77 di Intan Jaya, Papua.

KKB Papua mencoba mengganggu pelaksaan upacara HUT RI ke-77 pada Rabu, 17 Agustus 2022 puku 08.00 WIT.

Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro membenarkan KKB atau kelompok sipil bersenjata (KSB) Papua sempat berupaya mengganggu pelaksanaan upacara HUT RI Ke-77.

“Memang benar KSB, Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIT melakukan penembakan di sekitar Mamba, namun berhasil diatasi oleh aparat keamanan yang memang sudah bersiaga guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan,” katanya dilansir Antara.

Dijelaskannya, sempat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan KKB.

Meski demikian, petugas keamanan berhasil memukul mundur KKB dan pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa berlangsung aman.

Dia pun menegaskan upacara HUT RI di wilayah Korem 173/PVB secara keseluruhan berlangsung aman dan tidak ada gangguan yang berarti.

Upacara HUT Ke-77 RI di Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Deiyai, Dogiyai dan Nabire berlangsung aman walaupun di Dogiyai sempat dilaporkan adanya pembakaran, namun tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulillah upacara HUT Ke-77 RI di wilayah Korem 173/PVB berlangsung aman walaupun ada gangguan di beberapa wilayah,” tutur Brigjen TNI Taufan.

Teror Jelang HUT RI

Jelang peringatan HUT RI ke-77 terjadi serangkaian teror penembakan dan pembakaran di Papua.

KSB, sejak Selasa (16/8) melakukan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, namun dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

Pelaku teror penembakan dan pembakaran tak lain kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Teror sengaja dilakukan untuk mengacaukan peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Teror berupa serangkaian penembakan dan pembakaran dilakukan KKB Papua di tiga lokasi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa, 16 Agustus 2022 pagi.

Wakapolres Intan Jaya Kompol Langgeng Widodo mengatakan penembakan dari tiga lokasi yaitu dari Mamba, belakang BPD dan belakang polsek.

“Mereka juga membakar mes perhubungan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Intan Jaya,” katanya.

Akibat penyerangan yang dilakukan KKB menyebabkan operasional bandara ditutup sekitar pukul 10.00 WIT, dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Terkait rencana pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI, Rabu (17/8), Wakapolres Intan Jaya menyatakan tetap akan dilaksanakan.

Upacara memperingati HUT Ke-77 RI di Sugapa tetap akan dilaksanakan.

“Namun anggota yang bertugas tetap bersiaga,” jelasnya.

TNI-Polri Siaga di Daerah Rawan

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri meminta anggota TNI-Polri yang bertugas di daerah rawan bersiaga menjelang HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI).

Para kapolres juga sudah diminta waspada dan siaga serta meminta masyarakat untuk membatasi aktivitas terutama ke kawasan yang dianggap rawan dan jauh dari jangkauan aparat keamanan.

Irjen Fakhiri menyebut daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan, yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Intan Jaya, Puncak Nduga, dan Puncak Jaya.

.Dia menjelaskan, sejumlah pejabat yakni Karoops, Dirintel, dan Dansat Brimob Polda Papua ditugaskan memantau pelaksanaan HUT Ke-77 RI di seluruh Papua.

“Mudah-mudahan tidak ada gangguan keamanan dan pelaksanaan HUT Ke-77 RI berlangsung aman,” katanya, Senin, 15 Agustus 2022.

Ketika ditanya tentang kondisi kamtibmas di Kabupaten Nduga setelah kasus pembantaian yang menewaskan 11 warga sipil yang dilakukan KKB, Kapolda mengaku kondisinya saat ini relatif aman.

Dari laporan yang diterima KKB pimpinan Egianus Kogoya kini berada di kawasan Alaguru yang terletak di seberang sungai yang memisahkan dengan Kenyam.

Walaupun posisi KKB relatif jauh, namun pihaknya selalu mengingatkan anggota agar senantiasa waspada, mengingat bila lengah akan diserang, kata Kapolda Irjen Fakhiri. 

Sumber: pojoksatu

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close