PDIP Bisa Diterima KIB dan Koalisi KIR, Asal Puan Ngalah Jadi Cawapres

PDIP Bisa Diterima KIB dan Koalisi KIR, Asal Puan Ngalah Jadi Cawapres


WANHEARTNEWS.COM - Kecenderungan peta koalisi yang masih dinamis membuka peulang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) maupun bersama PKB-Gerindra atau koalisi Kebangkitan Indonesi Raya (KIR).

Namun begitu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin melihat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini enggan menjadi pengikut koalisi yang sudah ada.

“PDIP enggak mau jadi followers, enggak mau gabung dengan KIB dan PKB-Gerindra," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (31/8).

Beda cerita bila koalisi menawarkan PDIP dengan posisi yang lebih bagus, minimal seimbang dengan anggota parpol yang ada.

"Kalau hubungan seimbang dan sejajar, mungkin PDIP mau. Soal lebih realistis mana, tergantung PDIP sendiri, yakni soal lobi-lobi capresnya,” lanjut Ujang.

Sebaliknya, KIB maupun PKB-Gerindra diyakini akan menolak jika harus menempatkan Puan Maharani menjadi capres. Sebab, masing-masing partai di koalisi akan bersikukuh mengusung capres.  

“Tentu KIB enggak mau karena punya capres sendiri. PKB-Gerindra juga punya capres sendiri, kan begitu. Kecuali PDIP-nya mau mengusung Puan sebagai cawapres mungkin KIB atau PKB-Gerindra mau berkoalisi," tutup Ujang. 

Sumber: rmol
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close