Survei ICRC: 73,6 Persen Puas Kinerja Anies Baswedan karena Cerdas dan Ramah

Survei ICRC: 73,6 Persen Puas Kinerja Anies Baswedan karena Cerdas dan Ramah


WANHEARTNEWS.COM - Ide Cipta Research & Consulting (ICRC) merilis survei soal lima tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari survei itu, 73,6 persen responden merasa puas dengan kinerja Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria.

"Tingkat kepuasan publik terhadap Anies tinggi, di atas 70 persen," kata Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli saat merilis hasil surveinya di Hotel Harris fX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Ada sejumlah indikator kepuasan responden terhadap kinerja Anies. Alasan tertinggi kelima adalah kinerja bagus (26,5 persen), Jakarta lebih rapih (12,6 persen), banyak perubahan (12,6 persen), Anies orangnya pintar (10,4 persen), dan Anies orangnya ramah (9,7 persen).

Selain itu, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) turut andil dalam penilaian kinerja Anies. Sebanyak 5,8 persen responden puas dengan kinerja Anies karena pembangunan stadion bertaraf internasional itu.

Hadi berujar 3,9 persen responden juga menganggap Anies beribawa. Kemudian alasan terendah puas terhadap kinerja Anies lantaran pemimpin beragama Islam (0,6 persen). 

Dia melanjutkan 14,1 persen responden tidak puas dengan kinerja Anies-Riza dan 12,4 persen lainnya menjawab tidak tahu. Alasan ketidakpuasan terhadap kinerja keduanya antara lain kinerja kurang bagus (28,6 persen), pembangunan tidak jelas (17persen), Jakarta tidak berubah (15,3 persen), janji kampanye tidak terpenuhi (13,6 persen), dan kerja mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dianggap lebih bagus (10,2 persen). 

Selanjutnya karena Jakarta masih macet (3,4 persen), Jakarta masih banjir (1,7 persen), tidak menyukai Anies (1,7 persen), dan responden tidak tahu atau tidak menjawab (8,5 persen). "Ini repot, jadi mau diyakinkan pakai apapun tidak bisa. Dia (responden) sudah tidak suka pada dasarnya," ucap Hadi. 

Responden survei terdiri dari 800 orang yang tersebar di lima kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta. ICRC mengumpulkan data sepanjang 20-30 Juli 2022 via telepon oleh call center menggunakan kuesioner. Hadi memaparkan margin of error survei kurang lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: tempo
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close