Tentukan Nasib Ferdy Sambo, Polri Segera Gelar Sidang Kode Etik -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tentukan Nasib Ferdy Sambo, Polri Segera Gelar Sidang Kode Etik

Sabtu, 20 Agustus 2022 | Agustus 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-20T10:58:46Z

WANHEARTNEWS.COM - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana kepada Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Akibat hal itu, Sambo juga akan menjalani sidang kode etik Polri untuk menentukan status keanggotaan di Korps Bhayangkara.

“Propam sudah melaporkan masih dalam proses pemberkasan,” kata Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan, Sabtu (20/8).

Agung mengatakan, sidang kode etik untuk Sambo akan digelar dalam waktu dekat. Hal itu tengah diproses oleh Div Propam Polri.

“Insya Allah dalam waktu dekat juga akan dilakukan sidang kode etik tapi belum bisa minggu ini, tapi paling tidak minggu berikutnya,” jelasnya.

Diketahui, 5 orang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Mereka adalah Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Brigadir Kepala Ricky Rizal (RR), Irjen Pol Ferdy Sambo (FS), KM, dan yang terbaru adalah Putri Chandrawathi.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, masing-masing tersangka memiliki peran berbeda. Untuk eksekutor penembak adalah Bharada E.

“RE melakukan penembakan korban,” kata Agus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8).

Kemudian RR dan KM berperan membantu serta menyaksikan penembakan. Terakhir Ferdy Sambo yang memerintahkan penembakan. “FS menyuruh melakukan dan menskenario, skenario seolah-olah tembak menembak,” jelas Agus.

Sedangkan Putri terekam CCTV berada di di lokasi dan ikut serta dalam proses pembunuhan berencana kepada Brigadir J. “(PC) mengikuti dan melakukan perencanaan pembunuhan Brigadir J,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan juncto Pasal 55 dan 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun.

Sumber: jawapos
×
Berita Terbaru Update
close