BBM Tiba-Tiba Naik, Fluktuasi Harga Sembako dan Komoditi Lain Bakal Liar

BBM Tiba-Tiba Naik, Fluktuasi Harga Sembako dan Komoditi Lain Bakal Liar


WANHEARTNEWS.COM - Fluktuasi harga sembako dan berbagai komoditi lain yang menjadi kebutuhan utama rakyat berpotensi menjadi tidak terkendali alias liar menyusul pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilakukan secara tiba-tiba oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu siang (3/9).

“Karena pada dasarnya, psikologis masyarakat masyarakat juga masih belum siap dengan kenaikan ini,” kata pengamat ekonomi UNIMED, Armin Rahmansyah Nasution, dikutip Kantor Berita RMOLSumut, Sabtu (3/9).





Armin menjelaskan, saat ini perekonomian masyarakat belum pulih total pascaterimbas pandemi Covid-19.

Alasan pemerintah menaikkan BBM sendiri, menurutnya, belum tepat. Mengingat beban keuangan akibat subsidi juga sudah terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

“Nah, dengan tiba-tiba dinaikkan begini, maka masyarakat khususnya pedagang akan kebingungan dalam menentukan harga. Tim pemantau harga pemerintah harus segera turun,” katanya.

Presiden Joko Widodo mengumumkan harga baru BBM yang mulai berlaku per Sabtu (3/9) pukul 14.30 WIB. Kenaikan terjadi untuk tiga jeni BBM yakni Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi 10 ribu per liter, Solar dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter. 

Sumber: RMOL
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close