BMKG Deteksi 61 Titik Panas di Kaltim

BMKG Deteksi 61 Titik Panas di Kaltim



WANHEARTNEWS.COM - BALIKPAPAN- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan mendeteksi 61 titik panas tersebar di Provinsi Kaltim dan pihak berwenang diharap menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak 61 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Kamis.

Sebaran 61 titik panas itu pun telah diinformasikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Seperti satu titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Penajam Paser Utara hari ini, yakni di Kecamatan Penajam. Tim dari BPBD setempat langsung menuju titik koordinat yang diinformasikan oleh BMKG, kemudian tim menemukan titik panas tersebut dan langsung memadamkan apinya.

Untuk 61 titik panas yang terpantau hari ini tersebar pada enam kabupaten, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara ada 1 titik, Kutai Barat 1 titik, Kutai Timur terdapat 19 titik, Kabupaten Kutai Kartanegara 6 titik, Berau juga 6 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 28 titik panas.

Rinciannya adalah untuk 1 titik di Penajam Paser Utara berada di Kecamatan Penajam, kemudian di Kutai Barat berada di Kecamatan Mook Manaar Bulatn yang keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Timur yang terdeteksi 19 titik panas, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kongbeng ada 13 titik, Kecamatan Bengalon ada 2 titik, dan Kecamatan Kaubun terdeteksi 1 titik panas, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Untuk 6 titik panas di Kutai Kartanegara berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Kulu, Kenohan, Kembang Janggut masing-masing 1 titik, Kecamatan Muara Kaman 3 titik, Kabupaten Berau yang terdeteksi 6 titik, semua berada di Kecamatan Segah.

"Sedangkan di Kabupaten Mahakam Ulu yang terdeteksi 28 titik, tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Laham 3 titik, Long Bagun 13 titik, Long Hubung 11 titik, dan Kecamatan Long Pahangai 1 titik panas," kata Ilham. I tar
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close