HEBOH! Daftar Nama Intel BIN Diduga Bocor, Hacker: Stupid Intelligence -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HEBOH! Daftar Nama Intel BIN Diduga Bocor, Hacker: Stupid Intelligence

Kamis, 08 September 2022 | September 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-08T07:21:02Z


WANHEARTNEWS.COM - Hacker dengan akun Strovian di situs breached.to mengaku telah berhasil meretas data sumber daya manusia (SDM) Badan Intelijen Nasional atau BIN. Hacker dengan nama Strovian itu membocorkan data SDM BIN pada Rabu (7/9/2022).  

"STUPID INTELLIGENCE," demikian Strovian menulis judul unggahannya. Lalu akun itu menunjukkan soft copy dokumen dengan judul yang terpotong: "1.a.Roadmap SDM D..."  Dalam dokumen itu tertera nama dan tempat tanggal lahir, pangkat atau golongan, dan jabatan fungsional agen yang diduga merupakan data milik BIN. 

Di situ tercantum nama-nama orang yang diduga agen atau intel BIN. 

Para pengikutnya di situs breached.to mengapresiasi kinerja Strovian yang dianggap bisa meretas data BIN. Mereka menyebut Indonesia sebuah negara yang datanya mudah dibuka. 

Sebelumnya, hacker juga membocorkan data warga negara Indonesia dari sejumlah instansi pemerintah. Akun Bjorka di situs yang sama sempat menjual 1,3 miliar data sim card pengguna telepon seluler di Indonesia. 

Disebutkan bahwa data tersebut didapatkan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Bjorkan akan melepas data sebanyak 87 GB itu untuk pihak yang berani membayar USD50 ribu.

 Lalu dia membocorkan data 105 juta data pemilih pemilu Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI dan memperjualbelikannya di forum online. Dalam iklannya, Bjorka membanderol harga USD5.000 untuk 105 juta data pemilih pemilu.  

Dokumennya berukuran 4 GB jika di-compressed dan 20 GB tanpa compressed. B

mencantumkan sampel data di iklannya, pembeli akan mendapatkan data berupa ID provinsi, ID kota, ID kecamatan, ID kelurahan, ID TPS, nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, tempat tanggal lahir, usia, jenis kelamin, dan alamat lengkap.


Sumber: tvOne
×
Berita Terbaru Update
close