Data SIM Card Bocor, Menkominfo: Jaga NIK Kita Sendiri

Data SIM Card Bocor, Menkominfo: Jaga NIK Kita Sendiri


WANHEARTNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengingatkan publik agar tidak sembarangan membagikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan data pribadi lain kepada pihak yang tidak berkepentingan.

NIK sejatinya diberikan kepada pihak yang benar-benar tepercaya dan pihak yang memang membutuhkan data pribadi itu.

Kepada masyarakat, saya meminta supaya kita jaga betul data privasi melalui NIK kita, jangan sampai dipakai oleh orang lain. Kita gunakan di bawah kontrol kita. Jadi NIK itu diberikan hanya untuk yang betul-betul terpercaya dan membutuhkan. Harus ada tanggung jawabnya. Jaga NIK kita sendiri.
- Johnny G. Plate, Menkominfo -

Johnny menyampaikan hal ini terkait dengan isu dugaan kebocoran data 1,3 miliar nomor HP dari berbagai operator seluler hingga NIK yang kabarnya beredar pada 1 September 2022.

Kominfo mengatakan telah melakukan pengecekan internal dan menyatakan bahwa potensi kebocoran itu bukan berasal dari lembaga Kominfo. Kominfo sendiri tidak memiliki alat atau mesin yang menampung data NIK dan nomor HP semacam itu.

Johnny berjanji Kominfo akan melakukan investigasi pada pekan depan untuk menelusuri sumber kebocoran yang diduga mencapai 1,3 miliar data SIM card, serta melakukan pengecekan relevansinya dengan data terkini.

Dirjen Aptika Kominfo sudah menyiapkan untuk menelusuri di mana potensi kebocoran itu dan apakah betul kebocoran itu relevan dengan data terkini. Itu kan harus diperiksa semuanya.
- Johnny G. Plate, Menkominfo -

Dalam aturan registrasi nomor seluler, pemerintah Indonesia mengizinkan satu NIK dapat mendaftarkan lebih dari satu nomor seluler. Oleh karenanya, Johnny mengingatkan agar semua pihak menjaga NIK tersebut agar tak disalahgunakan oleh pihak lain.

"Pemilik data juga harus jaga datanya. Jangan mudah untuk membagi-bagikan," kata Johnny saat ditemui di G20 Digital Innovation Network di Nusa Dua, Bali, Sabtu (3/9).

Sumber: kumparan
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close