Eks Penasihat Kapolri Beberkan Bagaimana Ferdy Sambo 'Loncat' Jadi Kadiv Propam Di Tahun 2019 -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Eks Penasihat Kapolri Beberkan Bagaimana Ferdy Sambo 'Loncat' Jadi Kadiv Propam Di Tahun 2019

Jumat, 23 September 2022 | September 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-23T07:21:48Z

WANHEARTNEWS.COM - Eks penasihat Kapolri yang juga merupakan Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Muradi, membeberkan dugaan mengejutkan mengenai karir Ferdy Sambo yang melejit menjadi Kadiv propam. 

Ia mengatakan bahwa ada sosok yang disebut kakak asuh yang membekingi Ferdy Sambo sehingga naik dengan cepat dan menduduki posisi penting di Polri. Namun, siapa sosok kakak asuh yang dimaksud, Prof. Muradi enggan memberitahu secara rinci identitas sosok tersebut. 

Muradi menjelaskan, orang yang disebut sebagai kakak asuh di sini adalah para pejabat kepolisian yang pernah menjabat di posisi strategis. Dia menduga kakak asuh sambo tidak terlibat langsung dalam kasus Brigadir J, namun ia menduga, kakak asuh itu kemungkinan akan berupaya agar Sambo bisa lolos dari jerat pidana. 
 
Muradi enggan membeberkan secara rinci sosok kakak asuh Kendati demikian, Muradi tak membeberkan secara rinci identitas kakak asuh Ferdy Sambo yang dimaksud. 

Dia hanya menegaskan kakak asuh itu memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Sambo pada 2019.  Melejitnya karir Sambo di kepolisian diduga karena campur tangan sosok tersebut. 

Oleh sebab itu, Muradi meminta kepada tim khusus (timsus) bersama bareskrim Polri untuk menyelidiki peran dari sosok kakak asuh yang membantu Ferdy Sambo di kasus Brigadir J.  

"Kalau enggak ini akan masuk angin. Dia akan mendapat hukuman yang minimal, padahal kan dia yang merusak semuanya. Harusnya dia hukumannya minimal 20 tahun, bisa seumur hidup atau hukuman mati," kata Muradi. 

eks kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo Dalam keterangan yang sama, Prof Muradi juga menyebut kakak asuh itu memiliki hubungan dekat dengan Sambo dan ada dugaan bahwa sang kakak asuh sedang berupaya membantu Ferdy Sambo agar mendapatkan vonis ringan di kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.  

Prof. Muradi mengatakan sosok kakak asuh Sambo sudah pensiun dari Polri. Sosok itu bahkan disebut yang memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Ferdy Sambo. 

Padahal, lanjut Muradi, jabatan Kadiv Propam harus diemban oleh seorang polisi dengan pengalaman yang luas. “Sambo tidak pernah pegang Polda. 

Jadi Kapolres cuma 9 bulan di Brebes, selebihnya di elite. Beberapa menyebutnya (Sambo) polisi Jakarta karena muter-muter (menjabat) di Jakarta,” kata Muradi kepada wartawan, Rabu 21 September 2022. 

Menurut Muradi, status kakak asuh dan Ferdy Sambo sudah lama terbentuk sejak mereka berada di Akademi Kepolisian (Akpol) sebagai hubungan senior dan junior. 

Yang mengejutkan lagi, Muradi menyebut sosok kakak asuh Ferdy Sambo ini merupakan ‘mastermind’ atau perencana dari terbentuknya ‘kaisar sambo’. 

Bahkan, ia tidak hanya menguasai lahan perjudian, tambang juga ikut dicaplok. Muradi menilai kerajaan yang dibentuk Ferdy Sambo ini dapat langgeng lantaran didukung oleh kakak asuh. 

Lebih jauh, Muradi menyebut hubungan antara kakak asuh dan Ferdy Sambo masih intens berkomunikasi untuk meringankan hukuman sang adik. “Mereka masih berkomunikasi, yang paling vulgar ketika Sambo nggak mengakui menembak, dalam rekonstruksi buat saya implisit dia masih punya power. Masih ada back up di situ” kata Muradi.


Sumber: tvOne
×
Berita Terbaru Update
close