James Webb Tunjukkan Pesona 'Galaksi Hantu'

James Webb Tunjukkan Pesona 'Galaksi Hantu'



WANHEARTNEWS.COM - FLORIDA-Teleskop antariksa James Webb merilis foto phantom galaxy atau galaksi hantu yang memuat miliaran planet di dalamnya.

Galaksi yang juga dikenal dengan nama Messier74 atau M74 itu berjarak 32 juta tahun cahaya dari Bumi. Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), galaksi ini terletak di konstelasi Pisces.

Ia merupakan sejenis galaksi spiral yang dikenal sebagai "grand design spiral" karena memiliki lengan spiral yang terdefinisi dengan baik, terlihat berliku dari tengah ke luar.

Gambar yang baru dirilis ini dibuat menggunakan data dari Teleskop Hubble dan Teleskop Webb. Webb sendiri berfungsi mendeteksi "filamen halus gas dan debu" di lengan spiral galaksi.

Gambar-gambar tersebut memberikan tampilan yang jelas pada gugus bintang nuklir di pusat galaksi yang tidak tertutup oleh gas.

ESA menyebut teleskop Webb menggunakan Mid-InfraRed Instrument (MIRI) untuk mengamati Galaksi Phantom sebagai bagian dari proyek untuk memahami fase awal pembentukan bintang, seperti dikutip CNN.

Webb diketahui memberikan hasil sangat baik dalam mengamati panjang gelombang cahaya inframerah, sedangkan Hubble memiliki penglihatan yang sangat tajam pada panjang gelombang ultraviolet dan tampak.

Dikutip dari bgr.com, penampakan Messier 74 seringkali samar di langit. Hal ini membuatnya sangat sulit untuk dikenali, bahkan terkadang tidak mungkin. Komunitas astronomi pun menjulukinya sebagai 'hantu'.

Dilansir dari Space, teleskop Hubble yang berusia 32 tahun mengambil peran menangkap alam semesta dalam spektrum cahaya tampak, mengungkapkan distribusi bintang-bintang di galaksi.

Sementara Webb berfokus pada spektrum inframerah, melihat gas yang memancarkan panas dan debu yang terakumulasi di lengan spiral galaksi.

Kombinasi kedua teleskop ini memungkinkannya para peneliti untuk mengungkapkan area pembentukan bintang yang sangat terang yang dikenal sebagai wilayah HII di Galaksi Phantom.



Phantom Galaxy hasil jepretan Hubble (kiri), hasil foto James Webb (kanan), dan kombinasi keduanya (tengah). (Foto: via REUTERS/NASA/ESA/CSA James Webb Space Telescop)


Kombinasi data dari kedua teleskop juga memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang Galaksi Phantom.

Pada Juli, NASA merilis gambar resolusi tinggi pertama Webb dan memberikan pemandangan luar angkasa yang menakjubkan.

Lebih besar dari Hubble, teleskop ini mampu mengamati galaksi yang sangat jauh, memungkinkan para ilmuwan untuk belajar tentang pembentukan bintang awal. Hubble mengorbit Bumi, tetapi Webb mengorbit matahari, sekitar 1 juta mil jauhnya dari Bumi. I cnn
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close