Pernah Kunjungi Indonesia, Begini Kedekatan Ratu Elizabeth II dengan Soeharto hingga SBY

Pernah Kunjungi Indonesia, Begini Kedekatan Ratu Elizabeth II dengan Soeharto hingga SBY


WANHEARTNEWS.COM - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9/) waktu setempat. Selama 70 tahun berkuasa, ia telah melakukan perjalanan ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Mendiang Elizabeth II bersama suaminya yang lebih dulu meninggal dunia pada April 2021, Pangeran Phillip, melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 18-22 Maret 1974.

Dalam lawatan yang dijuluki ‘Royal Tour 1974’ tersebut, Elizabeth II dan Pangeran Phillip mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Mereka menggunakan pesawat udara dan kapal pesiar kerajaan, The Royal Yacht Britannia.

Ratu Inggris Elizabeth II dan Earl Mountbatten, berseragam angkatan laut putih, didampingi Gubernur Jakarta Ali Sadikin, kanan, berjalan-jalan di sepanjang dermaga di Sunda Kelapa, pada 19 Maret 1974.

Kedatangan Elizabeth II dan Pangeran Phillip disambut meriah oleh pemerintah Indonesia.

Dalam sebuah video lawas yang beredar di media sosial, rombongan Gubernur Jakarta kala itu, Ali Sadikin, terlihat menyambut kehadiran para bangsawan Inggris di bandara.

Bendera Merah Putih dan Union Jack terlihat berkibar berdampingan dan rombongan polisi militer turut mengawal Elizabeth II beserta suami.

Di Jakarta, Elizabeth II dan Pangeran Phillip diterima Presiden Kedua Indonesia, Soeharto, beserta Ibu Tien, dalam sebuah jamuan makan malam di Istana Negara.

Selain itu, Elizabeth II dan Pangeran Phillip juga sempat menginjakkan kaki di berbagai wilayah di Jakarta, contohnya Kota Tua.

Setelah dari Jakarta, rombongan bangsawan Inggris juga mengunjungi Yogyakarta dan disambut oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX di Keraton Yogyakarta. Sementara di Bali, sang Ratu berkunjung ke Istana Tampaksiring dan melihat kesenian tradisional di daerah tersebut.

Elizabeth II Menjamu SBY di Istana Buckingham Inggris

Semasa hidupnya, Elizabeth II telah menjalin hubungan yang baik dan bersahabat dengan pemerintah Indonesia.

Hal itu ditandai juga dengan kunjungan kenegaraan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Istana Buckingham, Inggris, pada Oktober 2012 untuk menghadiri perayaan Diamond Jubilee Ratu Inggris.

Kunjungan SBY itu menjadikannya sebagai pemimpin dunia pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan di tengah perayaan 60 Tahun Takhta Ratu Inggris (Diamond Jubilee of Elizabeth II).

Mengutip situs resmi Kerajaan Inggris, dalam pidatonya saat menjamu SBY kala itu, Elizabeth II mengatakan Indonesia telah mengalami transformasi yang luar biasa di bawah kepemimpinan SBY.

Teks pidato yang dirilis pada 31 Oktober 2012 itu juga menyebut bahwa Elizabeth mengenang momen tak terlupakan saat mengunjungi Indonesia pada 1974 lalu bersama sang suami, Pangeran Phillip.

“Melihat masa lalu yang lebih baru, Pangeran Philip dan saya mengenang dengan penuh kasih sayang kunjungan kenegaraan kami ke Indonesia pada tahun 1974, di mana kami sangat terpukau dengan kehangatan sambutan yang kami terima,” ungkap Elizabeth II melansir Kumparan, Jumat (9/9/2022).

“Tetapi, Indonesia saat ini tentu saja sangat berbeda dengan yang saya alami saat itu. Di bawah kepemimpinan Anda, Bapak Presiden, Indonesia telah melakukan transformasi yang luar biasa,” sambung Elizabeth II saat menjamu SBY.

Sumber: herald
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close