Rizal Ramli Bersyukur: TNI-AL Memiliki dua Kapal Perang baru dengan Spesifikasi KRI Dorang-874 dan Bawal-875 TNI AL -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rizal Ramli Bersyukur: TNI-AL Memiliki dua Kapal Perang baru dengan Spesifikasi KRI Dorang-874 dan Bawal-875 TNI AL

Jumat, 02 September 2022 | September 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-02T00:16:11Z

WANHEARTNEWS.COM -

WANHEARTNEWS.COM - TNI Angkatan Laut resmi memiliki dua kapal perang baru bernama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dorang-874 dan KRI Bawal-875 produksi galangan kapal dalam negeri, PT Caputra Mitra Sejati (CMS). Meski hanya bertipe kapal patroli cepat 60 meter, namun kedua KRI terbilang cukup modern pada jenisnya. 

''Alhamdulillah Bang. Rizal, sudah diselesaikan dan diserah terimakan ke TNI AL.. produk ke 8 &ke 9..., KRI Bawal & KRI Dorang (OFP/Ocean Fast Patrol)... dengan tepat waktu dan tepat mutu... untuk melengkapi alutista kita menjaga NKRI...,'' demikian kata  Ir Arie Bastaman ITB 73 kepada  DR Rizal Ramli (RR) , mantan Menko Kemaritiman.   RR pun menyampaikan puji syukur dan rasa bangganya atas karya anak bangsa yang dahsyat itu.






“Kapal ini cukup modern, saya kira teknologi terkini untuk jenis kapal patroli, dilengkapi dengan integrated management system beat system,” kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono usai meresmikan kapal di Dermaga Marina Batavia, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (31/8/2022). 

Kehadiran dua kapal baru ini menjadi KRI ke-18 yang didatangkan TNI AL dalam dua tahun terakhir. Setelah resmi menjadi bagian dari TNI AL, selanjutnya kedua KRI ini akan bertugas di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon dan Lantamal XIVSorong yang berada di bawah Komando Armada III (Koarmada III). Dilengkapi meriam hingga sensor Kedua KRI secara keseluruhan mempunyai spesifikasi yang sama. 

Dari sisi persenjataan, kedua KRI diperkuat dengan senjata 1 pucuk Meriam Bofors 40 milimeter dan 2 pucuk senjata mitraliur 12,5 milimeter. Kedua KRI juga didukung dengan radar surveillance yang mampu menjangkau sekitar 100 mil. Sementara, harga pengadaan per unit KRI tersebut senilai Rp 200 miliar.   Secara lebih rinci, kedua KRI tersebut mempunyai panjang 60 meter, lebar 8,5 meter, dan berat total 520 ton. Selain itu, kedua KRI ini juga mampu mengakomodasi masing-masing 55 personel dan memiliki kemampuan kecepatan maksimal 24 knot. Sementara, KRI Dorang-874 dikomandani Mayot Laut (P) Ardita Yudha Prawira dan KRI Bawal-875 dinahkodai Mayot Laut (P) Ary Mahayasa. (Kompas)



×
Berita Terbaru Update
close