Rizal Ramli: Pemerintah Ilmunya Kebalik-balik, Minyak Dunia Turun Malah Naikkan BBM -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rizal Ramli: Pemerintah Ilmunya Kebalik-balik, Minyak Dunia Turun Malah Naikkan BBM

Kamis, 08 September 2022 | September 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-08T07:35:29Z

WANHEARTNEWS.COM - Ada logika yang salah diterapkan pemerintah dalam menyikapi harga energi dalam negeri, khususnya bahan bakar minyak (BBM).

Baru-baru ini, Indonesia menaikkan harga BBM dalam negeri. Kebijakan ini pun dinilai tidak masuk akal lantaran tren harga minyak dunia sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan.



Demikian disampaikan begawan ekonomi, Rizal Ramli dalam merespons sepak terjang pemerintah yang telah menaikkan harga hampir seluruh jenis BBM, mulai dari nonsubsidi hingga BBM subsidi.

"Kenaikan harga ini harus dibatalkan karena harga crude oil sudah turun. Dulu di awal perang Ukraina 100 dolar AS per barel, sekarang turun 87 dolar as per barel," kata Rizal Ramli, Kamis (8/9).

Indonesia sejatinya bergantung pada harga minyak dunia dalam menentukan BBM dalam negeri, khususnya nonsubsidi. Oleh karenanya, pemerintah Indonesia perlu meniru negara-negara lain yang sudah mulai menurunkan harga BBM di tengah tren penurunan minya dunia.  

"Harga cenderung on the way turun. Negara lain, Petronas (Malaysia) menurunkan, kita malah naikkan. Kebalik-balik ilmunya," tegas Rizal Ramli.

Terhitung Rabu (7/9), harga minyak dunia kembali terjun bebas ke level 80 dolar AS per barel.

"Menurut saya, batalkanlah kenaikan ini, biarkan masyarakat bernapas dulu supaya ekonominya pulih, nanti cari akal lain," tandasnya. 

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close